25 radar bogor

SAOS SMAN 5 Tumbuhkan Kepedulian

PEDULI: Warga di sekitar SMAN 5 ikut dalam pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan panitia SAOS 2020.
PEDULI: Warga di sekitar SMAN 5 ikut dalam pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan panitia SAOS 2020.

BOGOR–RADAR BOGOR,SMA Negeri 5 Kota Bogor kembali mengadakan acara rutin tahunan yang diinisiasi Palang Merah Remaja SMAN 5 Kota Bogor. Acara yang dinamakan Social Action Of Smanli (SAOS) 2020 kali ini bertajuk “Stay Connected, Be Active, and Think Positive for A Better Future atau Tetap Terjalin, Aktif, dan Berpikir Positif untuk Masa Depan yang Lebih Baik”.

Acara ini diselenggarakan selama dua hari (28-29/2). Tujuannya membangun ke­sa­daran anak-anak SMAN 5 Bogor, khususnya murid yang mengikuti ekstrakurikuler PMR.

Kepala SMAN 5 Bogor, Dewi Suhartini mengatakan, kegiatan yang sudah ada sejak 2010 ini menjadi momentum untuk meningkatkan jiwa-jiwa sosial pada murid. Terlebih, dalam rangkaian kegiatan diadakan pula kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial.

“Pada hari pertama, panitia sengaja fokus pada kegiatan sosial yang bermanfaat bukan hanya untuk para murid juga masyarakat sekitar,” kata Dewi, Jumat (28/2). Dewi me­nam­bahkan, masyarakat yang tinggal berdekatan dengan gedung SMAN 5 Kota Bogor bisa datang untuk mendapatkan cek kesehatan gratis dari acara tersebut.

Menurutnya, masyarakat bisa mendapatkan akses untuk mengecek kesehatan serta golongan darah secara gratis. Karena, acara ini juga bekerja sama dengan Puskesmas Gang Kelor. Untuk yang ingin mendonorkan darahnya, tim donor RS PMI Kota Bogor juga hadir untuk menampung bagi siapa saja, yang ingin men­donorkan darahnya.

“Ya, semoga dengan kegiatan SAOS 2020 ini akan semakin menumbuhkan jiwa-jiwa sosial siswa siswi kita semua,” kata Dewi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana SAOS 2020, Muhammad Imam Fadhilla mengatakan, rangkaian kegiatan selama dua hari ini harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terlebih pemanfaatan pada aspek kesehatan. Karena, menurutnya, pihak Dinas Kesehatan Kota Bogor menyediakan mobil curhat, siapa saja yang datang pada mobil tersebut dapat berkonsultasi tentang hal yang berkaitan dengan kesehatan.

“Acara ini juga ada seminar tentang kesehatan mental pada remaja dan pengaruh gadget pada kesehatan mental, di mana narasumbernya kami hadirkan dari pihak Rumah Sakit Marzoeki Mahdi,” katanya.

Di hari kedua, akan meng­ha­dirkan berbagai perlombaan yang diikuti SMP dan SMA se-Jabodetabek. Perlombaan yang digelar pun tetap pada koridor acara yang bersifat pada kegiatan PMR. “Ada lomba olimpiade kepalangmerahan, lomba cepat tepat, lomba ketangkasan tandu reguler, dan masih banyak lagi,” tandasnya.(cr3/c)