25 radar bogor

Semalam Diguyur Hujan, Status Pintu Air Katulampa Siaga 4

Katulampa
Kondisi air di Bendung Katulampa.
Katulampa
Kondisi air di Bendung Katulampa.

BOGOR-RADAR BOGOR, Meski intensitas hujan masih tinggi, kondisi ketinggian air di Bendung Katulampa, Kecamatan Bogor Timur masih pada status aman.

Pada Senin (24/2/2020) malam pukul 23:55, terpantau debit air yang keluar dari Pintu Air Katulampa masih dalam status aman.

Koordinator SUP Ciliwung Andi Sudriman, mengatakan ketinggian air berada pada angka 60cm dari 40cm pada pagi harinya. Hal demikian artinya status pintu air di Katulampa berada pada level siaga 4.

“Sementara ini kondisi masih normal, walaupun hujan di Bogor cukup merata tapi hujannya itu ke arah hilir Bendungan Katulampa. Untuk kawasan Ciawi hingga Puncak yang merupakan hulu dari Bendungan Katulampa hujannya masih taraf normal sehingga debit air yang mengalir ke Bendungan Katulampa tidak terlalu mengkhawatirkan,” ucap Andi.

Menurut pria yang bertugas sejak 1987 itu, saat ini ia sedang fokus memonitor curah hujan di kawasan hulu bersama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Ditambah lagi bila sudah mau memasuki bulan Februari, biasanya curah hujan cukup tinggi sehingga fokus untuk monitoring harus lebih intens. (cr3)