25 radar bogor

Jalan Ditutup Mall, Warga Cileungsi Kidul Punya Perlintasan Baru

Jalur-Cileungsi
Jalur keluar kampung Kampung Sawah, Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi menuju Jalan Raya Cileungsi – Jonggol – Transyogi yang ditutup Mall Metland.
Jalur-Cileungsi
Jalur keluar kampung Kampung Sawah, Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi menuju Jalan Raya Cileungsi – Jonggol – Transyogi yang ditutup Mall Metland.

CILEUNGSI – RADAR BOGOR, Sejak Desember 2019 lalu warga Kampung Sawah, Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi terisolir akibat jalur perlintasan menuju Jalan Raya Cileungsi – Jonggol – Transyogi ditutup Mall Metland.

Namun kali ini Mall Metland diketahui mengabulkan permohonan warga agar jalur tersebut tetap dibuka, sehingga warga dapat kembali menghindari kemacetan yang terjadi di simpang Metland, Cileungsi.

“Alhamdulillah permohonan warga untuk akses jalan menuju ke Perumahan Metland sudah mulai dikerjakan,” kata Ketua RT6/2, Ade kepada Radar Bogor, kemarin.

Ia menyebutkan, jalur perlintasan yang dibangun Mall Metland berlokasi di pinggiran Cluster Aukland. Tepatnya, berada di belakang PT. Citra Abadi. Dirinya juga mengaku, sampai saat ini pembukaan jalur tersebut belum begitu matang dikerjakan.

Jika pembukaan jalur perlintasan tidak sesuai, Ade menegaskan, akan mengajukan kembali permohonan pembukaan jalur kepada pemerintah kecamatan. “Saya dan warga untuk sekarang masih menunggu akses jalan itu selesai di kerjakan, kalau memang nanti hasilnya tidak sesuai ya kami akan mengajukan lahi ke kecamatan,” ungkapnya.

Sekretaris Desa Cileungsi Kidul, Gugun Gunawan menyebutkan, di RT6/2 dan RT2/2 ada 100 Kepala Keluraga(KK) yang tinggal di sana. Metland telah sepakat membuka jalur perlintasan yang baru untuk warga. Lokasinya, kata dia, tak jauh dari perlintasan yang lama. Hanya berjarak sekira 4 sampai 5 meter dari lokasi yang sebelumnya telah ditutup. “100 KK di yang tinggal di sana,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini sebagai bentuk realisasi sejak surat permohonan warga diteruskan ke pemerintah kecamatan. Sepengetahuannya, terakhir warga dan pihak Metland sudah tak ada masalah soal jalan tersebut. “Informasi terakhir sih sudah tidak ada masalah, itu masuknya kampung sawah RT 02/02 Rt06/02,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kepala Desa Cileungsi Kidul, Edi Supriatman mengatakan, kedua pihak telah sepakat agar dibuka jalur perlintasan yang baru. “Sudah dibuka sudah peresmian pembukaan jalan sudah tidak ada masalah lagi,” bebernya.

Ia menguraikan, nantinya jalur perlintasan yang baru ini akan dibuatkan jam operasi. Warga dapat melintas di jalan selebar 1,5 meter itu pukul 06.00 – 20.00 WIB. “Aksesnya untuk pejalajn kaki dan sepeda motor saja,” urainya. (rp1/pkl1.c)