25 radar bogor

IPB University Tetapkan Nama-nama Mahasiswa untuk Mengikuti Seleksi Mahasiswa Berprestasi Nasional

BOGOR-RADAR BOGOR,IPB University menggelar Malam Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi Utama, Senin, (27/01) di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Acara ini merupakan bentuk apresiasi bagi mahasiswa berprestasi dari program Sarjana dan program Diploma IPB University. Pada malam ini juga ditentukan mahasiswa berprestasi utama yang akan dibimbing dan disiapkan oleh IPB University untuk menyongsong kontestasi mahasiswa berprestasi di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun ini.

Dalam sambutannya, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University, Dr Alim Setiawan menuturkan bahwa IPB University telah memiliki pondasi yang sangat baik dalam pemilihan mahasiswa berprestasi sehingga IPB University selalu menjadi finalis dalam pemilihan mahasiswa berprestasi nasional dan selalu mendapat top three. “Kita memiliki prinsip segalanya harus well prepare, semua peserta telah melalui seleksi di tingkat departemen, fakultas dan tingkat IPB. Nantinya akan diberikan pembinaan di tingkat institusi baru ke seleksi tingkat nasional,” ungkapnya.

Salah satu program persiapan mahasiswa berprestasi yang diluncurkan IPB University pada tahun 2019 lalu adalah program Outsco (Outstanding Community). Program tersebut merupakan program yang digunakan untuk mempersiapkan mahasiswa berprestasi sejak dini dari tingkat 1 dan 2. Program Outsco juga memfasilitasi mahasiswa berprestasi untuk terus berprestasi. Hal ini berkat program-program yang dirancang dalam mendukung pengembangan diri mahasiswa seperti workshop dan lomba-lomba di tingkat nasional dan internasional yang harus diikuti.

“Prestasi itu tidak seperti menunggu durian runtuh, tetapi harus memiliki persiapan. Dalam program Outsco ini para mahasiswa mendapatkan pembinaan selama sembilan bulan berupa workshop pengembangan diri, public speaking, inovasi, dan diberikan akses mentoring dari 18 alumni mahasiswa berprestasi IPB University yang semangat, motivasi, inspirasinya dapat ditularkan, dan ada grand projek sebagai tugas akhir. Kurang lebih telah ada 16 skill set yang diajarkan yaitu complex problem solving, decision making, dan sebagainya,” tandas Dr Alim dalam sambutannya.

Pada malam penganugerahan ini, diumumkan pemenang mahasiswa berprestasi Program Sarjana dan Diploma. Tiga nama mahasiswa berprestasi utama program Sarjana adalah Muhammad Azman dari Sekolah Bisnis, sebagai terbaik pertama; terbaik kedua adalah Ardella Maharani Putri dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); dan terbaik ketiga adalah Adinda Rana Fauziah dari Fakultas Kedokteran Hewan. Adapun mahasiswa berprestasi program Diploma, terbaik pertama adalah Muhamad Raafi; terbaik kedua Andini DA Putri dan terbaik ketiga Raudia Mizahara.

Setiap mahasiswa berprestasi terbaik dari program Sarjana maupun Diploma akan menjalani serangkaian persiapan yang cukup padat untuk memberikan nilai tambah sehingga mampu bersaing di tingkat nasional.

Lebih lanjut, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr Drajat Martianto menjelaskan bahwa sampai hari ini mahasiswa berprestasi sudah melalui persiapan selama kurang lebih satu tahun, dan untuk empat sampai lima bulan ke depan akan diberikan persiapan lebih padat lagi bagi mahasiswa berprestasi terpilih.

“Malam penetapan dan penganugerahan mahasiswa berprestasi ini karakteristiknya sudah memenuhi harapan dari Mendikbud, yaitu mahasiswa yang memiliki karakteristik yang lengkap tidak hanya akademik. Jadi kalau mahasiswa pintar saja belum cukup, oleh karena itu dalam pemilihan mahasiswa berprestasi ini kita memiliki tiga kriteria yaitu prestasi di berbagai bidang, karya unggulan, dan communication skill yang baik,” tutur Dr Drajat.

Terakhir Dr Drajat menyampaikan, “Siapapun yang terbaik, dia adalah yang terbaik di antara yang terbaik. Kalau belum menjadi juara 1, 2, maupun 3 sebetulnya mereka adalah yang terbaik di lingkungan masing-masing.” (LR/RA)