25 radar bogor

Jadi Kenyataan, Bayar SPP Sekolah Kini Bisa Pakai GoPay. Cek Caranya Disini!

GoPay
Aplikasi GoPay
GoPay
Aplikasi GoPay

BOGOR – RADAR BOGOR, Sistem pembayaran digital melalui platform GoPay kini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran uang sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) dengan mudah dan cepat.

Senior Vice President Sales GoPay, Arno Tse menjelaskan hadirnya layanan GoPay untuk keperluan pendidikan akan memudahkan orang tua yang tidak perlu lagi pergi sekolah untuk melakukan pembayaran.

“Layanan terbaru ini membebaskan orang tua dan wali murid untuk membayar pendidikan anak di mana saja dan kapan saja tanpa harus hadir ke sekolah. Orang tua yang sibuk dapat fokus dengan kepentingan lain seperti pekerjaan tanpa khawatir akan melewatkan tenggat pembayaran,” kata Arno dalam pernyataan resminya, Senin (17/2/2020).

Sebelumnya, guyonan bayar SPP pakai Gopay hanyalah candaan ketika mantan CEO Gojek Nadiem Makarim ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Saat itu seketika celotehan hingga meme bertebaran soal bisa membayar uang sekolah dengan GoPay.

Arno menambahkan, GoPay tidak hanya melayani pembayaran uang SPP saja, tetapi juga bisa digunakan untuk membayar keperluan pendidikan lainnya, seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler.

“Saat ini sudah ada sekitar 185 lembaga pendidikan yang terdiri dari pesantren, madrasah, sekolah, dan tempat kursus di Indonesia,” beber dia.

Menurut Arno, layanan ini juga akan memudahkan lembaga pendidikan yang tergabung untuk menghasilkan pencatatan penerimaan iuran yang jelas, transaksi yang lebih rapi dan teratur.

Ia berharap layanan ini bisa menjangkau lebih banyak lagi lembaga pendidikan di seluruh Indonesia untuk menerapkan pembayaran digital.

Bagi pengguna GoPay yang ingin melakukan pembayaran SPP bisa langsung menuju menu GoBills, di sana akan ada pilihan “Schools”.

Kemudian, pengguna bisa memilih sekolah dan memasukkan nomor identitas murid untuk melakukan pembayaran SPP atau yang lainnya

Bagi yang masih bingung bisa ikuti langkah tahapannya. Yakni dengan membuka aplikasi Gojek. Kemudian Klik GoBills. Jika fiturnya tidak ada di beranda, klik ‘Lainnya’ atau ‘More’, pilih ‘Pembayaran’ atau ‘Payments’, dan klik GoBills.

Setelah itu, pilih layanan ‘Sekolah’ atau ‘Schools’. Pilih sekolah atau lembaga pendidikan yang sesuai. Masukkan nomor ID pelajar. Kemudian klik ‘Bayar’ dan masukkan PIN GoPay.

Setelah proses pembayaran selesai, pengguna akan menerima bukti transaksi di bagian bawah layar dan buktinya ini juga dikirimkan ke e-mail pengguna. Jadi bisa membantu orang tua untuk merapikan catatan pengeluarannya.

Terkait pembayaran SPP dengan menggunakan uang elektronik GoPay Plt Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Ade Erlangga mendukung kebijakan dari kerja sama teknologi di bidang pendidikan.

Dia menilai inovasi dalam bidang teknologi perlu ditingkatkan untuk mempermudah kehidupan masyarakat. Menurutnya inovasi teknologi yang dilakukan pihak swasta tidak dapat dihindari, termasuk di dunia pendidikan.

“Berbagai inovasi teknologi yang terjadi merupakan hal penting untuk terus meningkatkan kemudahan bagi masyarakat, termasuk di dunia pendidikan dan dalam berbagai bentuk pembiayaan termasuk hal ini terkait pembayaran SPP,” beber dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Provinsi Jawa Barat wilayah ll Kota Bogor Aang Karyana mengaku belum bisa memastikan rencana penerapan pembayaran SPP SMA dan SMK di Kota Bogor melalui uang elektronik seperti GoPay. “Saya belum tahu soal itu. Nantilah kita pelajari dulu,” bebernya saat dikonfirmasi Radar Bogor tadi malam.

Jika melihat data 185 lembaga pendidikan yang sudah bisa membayar SPP menggunakan GoPay memang baru satu SMK swasta dan beberapa bimbingan belajar di Kota Bogor yang sudah menerapkan pembayaran SPP melalui GoPay. Diantaranya Bimbel Nurul Fikri Bogor Baru, Bojong Gede dan SMK PUI Kota Bogor. (mam/c)