Beranda Ekonomi

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar Masih Dipengaruhi Virus Corona

ilustrasi penanganan virus corona

JAKARTA-RADAR BOGOR,Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih dibayangi oleh kekhawatiran wabah virus Korona. Apalagi jumlah korban yang tewas akibat virus ini terus bertambah.

Sebagai informasi, hingga pukul 05.00 GMT, Senin, terdapat 40.235 kasus yang dikonfirmasi dilaporkan di Tiongkok dan 909 kematian akibat virus tersebut, serta 319 kasus di 24 negara lain, termasuk satu kematian.

Mengutip yahoofinance, saat ini rupiah mulai lemah melawan dolar di posisi 13.704. “Ini berpotensi terus menekan rupiah,” kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra kepada Jawapos.com, Selasa (11/2).

Namun di sisi lain, tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS yang turun lagi di bawah 1,6 persen bisa menahan pelemahan rupiah dan mungkin mendorong penguatan rupiah terhadap dolar AS. Di samping itu, kabar bahwa Bank Sentral Tiongkok yang kembali menyuntikan dana ke pasar sebesar 100 milyar yuan dapat memberikan sentimen positif ke pasar aset berisiko termasuk rupiah.

“Potensi rupiah hari ini di 13.670-13.720 terhadap dolar AS,” tuturnya. (JPG)

Baca Juga