Beranda Bogor Raya

Ada Perbaikan Sambut Piala Dunia, Hindari Lewat Simpang Sentul

Simpang Sentul
PEMBONGKARAN: Lokasi Simpang Sentul kini mulai dilakukan pembongkaran seiring untuk persiapan Piala Dunia U-20 yang dilakukan tahun depan. Nelvi/Radar Bogor

BABAKANMADANG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor, terus melakukan perbaikan infrastruktur di sekitar Stadion Pakansari Cibinong, yang akan dijadikan venue piala dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Kini, Pemkab Bogor bersiap pembangunan tugu dan taman Selamat Datang di Simpang Sentul, Kecamatan Babakan Madang. Pemkab Bogor sudah mulai melakukan pembongkaran terhadap bangunan yang ada disana.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan bahwa pembebasan lahan sudah selesai pada 2019 lalu. Sejak beberapa hari kemarin, pembongkaran sudah dimulai sehingga tak memerlukan banyak waktu.

Usai pembongkaran, kata Ade, Pemkab baru bisa memulai penataan setelah Detail Engineering Design (DED) taman dan tugu selesai. “Kita optimistis penataan untuk menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Stadion Pakansari Cibinong, selesai tahun ini,” terangnya.

Meskipun, kata dia, DED dan pelaksanaan pembangunan dilakukan di tahun yang sama, yakni di tahun ini. Ade menyebutkan bahwa tahun ini Pemkab Bogor menyiapkan anggaran daerah Rp3 miliar lebih untuk menata infrastruktur dan aksesibilitas menuju dan dari Stadion Pakansari.

“Anggarannya (tersebar) di Dinas PUPR, Dispora, dan DPKPP. Banyak yang harus diperbaiki. Untuk stadionnya sendiri dan aksesibilitas dari mulai Tol Sentul hingga stadion,” kata Ade Yasin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah mengatakan, khusus pembangunan tugu dan taman di Simpang Sentul menganggarkan biaya sekitar Rp4 miliar.

Taman dan tugu selamat datang simpang Sirkuit Sentul itu menurutnya hanya sebagian kecil dari penataan yang dilakukan DPKPP tahun ini. Secara keseluruhan, pihaknya menganggarkan Rp17 miliar.

Jika dirinci, Rp13 miliar sisanya digunakan untuk menata median jalan mulai dari Kandang Roda sampai Kawasan Pakansari sepanjang tiga kilometer senilai Rp7 miliar, dan pengadaan tiga unit videotron yang masing-masing unitnya senilai Rp2 miliar. (dka)

Baca Juga