Beranda Bogor Raya

Sebulan Pasca Bencana, Penyakit Aneh Mulai Serang Pengungsi di Sukajaya

Pengungsi
Lokasi pengungsian warga korban bencana Sukajaya. Sofyansyah/Radar Bogor

SUKAJAYA-RADAR BOGOR, Hampir satu bulan lebih, pasca bencana longsor dan banjir bandang di Kecamatan Sukajaya, anak-anak di pengungsian mulai terjangkit penyakit.

Bahkan, sebanyak 8 kasus penyakit eksim Kulit (dermatitis) dan steven jonshon sudah menyerang mereka selama ini, di Kampung Cihaur, Desa Cileuksa.

Ketua Tim Paramedik relawan dari Kota Kembang Bandung, Beni Anas Malik menjelaskan, hingga saat ini, telah ditemukan 8 kasus penyakit yang menyerang anak-anak pengungsian. Bahkan, dua anak dirawat di Puskesmas Sukajaya, karena terkena penyakit steven jonshon.

“Anak-anak yang terserang penyakit dermatitis dan seteven jonshon mengakibatkan kulit seperti terbakar dan gatal,” jelasnya.

Penyebabnya, Beni juga mengatakan, penyakit tersebut dikarenakan kondisi pengungsian yang kotor, diitambah lagi pasokan air bersih tidak ada.

“Jadi informasi dari warga, sumber mata air bau, jadi mereka tidak berani mengkonsumsi, bahkan kaya diare mulai menyerang para pengungsi juga,” kata Beni.

Sementara itu, salah satu orangtua yang anaknya terserang penyakit dermatitis, warga Cihaur, Susi (39) mengaku, sebelum mengungsi, anaknya baik-baik saja. Anaknya itu sudah dua minggu kulitnya seperti luka bakar.

“Ini jadi pada koreng dan sebelum mengungsi tidak begini, tapi alhamdulillah tidak sampai dirawat, yang jelas kita disini sangat butuh air bersih untuk mandi, minum juga,” pungkasnya. (nal/b)

Baca Juga