Beranda Ekonomi Lomba Logo dan Maskot Paviliun Indonesia untuk Expo 2020 Dubai Resmi Dibuka

Lomba Logo dan Maskot Paviliun Indonesia untuk Expo 2020 Dubai Resmi Dibuka

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Dody Edward. Foto: Humas Kemendag

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pengelola Paviliun Indonesia pada ajang Expo 2020 Dubaimengundang akademisi kampus dan desainer profesional untuk mengikuti lomba logo dan maskot Paviliun Indonesia.

Lomba logo dan maskot tersebut menandai babak baru keikutsertaan Indonesia pada pentas terbesar dunia yang akan digelar di Dubai, Uni Emirat Arab pada 20 Oktober 2020 hingga 20 April 2021 tersebut.

Dody menyampaikan hal tersebut saat sosialisasi kompetisi logo dan maskot Paviliun Indonesia yang diadakan di Auditorium 1 dan 2 Kementerian Perdagangan RI. Acara tersebut diikuti peserta dari Jakarta dan luar Jakarta.

Selain itu, acara tersebut juga disiarkan secara live (live streaming) untuk memastikan sosialisasi tersebut sukses menjangkau audiens lebih luas.

logo Paviliun Indonesia ini akan dipakai sebagai identitas komunikasi tercetak maupun digital oleh panitia kepesertaan Indonesia di Expo 2020 Dubai.

Sementara, maskot dalam bentuk karakter 2D dan 3D akan tampil di berbagai bentuk media yang mewakili Pavilliun Indonesia. Maskot terpilih juga akan digunakan untuk berbagai materi promosi, seperti t-shirt, merchandise, mug, dan boneka.

“Kami berharap maskot dan logo terpilih bisa menggambarkan wajah Indonesia dalam keragaman, baik budaya maupun alamnya, menggambarkan Indonesia masa kini, dan merefleksikan gagasan masa depan,” ujar Zen Fuad Noor, Direktur Operasional PT Samudra Dyan Praga, perusahaan pelaksana dan pengelola Pavilliun Indonesia di Expo 2020 Dubai.

Pada Expo 2020 Dubai ini, Pavilliun Indonesia akan menempati area seluas 1.860 meter persegi yang terletak di lokasi strategis “Opportunity District”.

Zen menambahkan, Proses kontruksi Pavilliun Indonesia di Dubai terus mengalami kemajuan setelah ground breaking dilakukan pada 9 September 2019 lalu.

saat ini, kata dia, tim internasional PT Wijaya Karya (WIKA) Tbk telah menyelesaikan sistem perpipaan (sparing pipe), sambungan baut angkur (anchor bolt), serta penguatan struktur bawah (tie beam), serta pembersihan lokasi untuk persiapan pengecoran. Pihak konsultan konstruksi dan WIKA juga telah menuntaskan inspeksi lokasi (site inspection).

Di sisi lain, para sponsor Pavilun Indonesia terus menyiapkan konten inovasi untuk mengisi venue. Panitia membuka keikutsertaan kepada seluruh komponen bangsa, kementerian, Lembaga, pemerintah daerah maupun sektor bisnis untuk ikut serta mengisi konten.(jpnn)