Beranda Olahraga

Ronaldo: Barcelona Tidak Menghargai Saya, Real Madrid Adalah Mimpi yang Jadi Nyata

Mantan penyerang Barcelona dan Timnas Brasil, Ronaldo Luis Nazario de Lima.
Mantan penyerang Barcelona dan Timnas Brasil, Ronaldo Luis Nazario de Lima.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Mantan striker Real Madrid dan Barcelona Ronaldo Nazario membahas karirnya dalam sebuah wawancara dengan DAZN dan mengungkapkan mengapa ia meninggalkan Barca untuk bergabung dengan Inter Milan pada 1997.

Ronaldo hanya satu musim yang mengesankan dengan raksasa Catalan, mencetak 47 gol dalam 49 pertandingan, sebelum hijrah ke Inter.

Nerazzurri mendaratkan Ronaldo dengan biaya transfer rekor dunia saat itu sebesar 27 juta USD, tetapi pemain Brasil itu menjelaskan bahwa seandainya keputusan ada di tangannya, dia akan bertahan di Barcelona.

“Saya akan menandatangani perpanjangan kontrak setelah akhir musim dan kemudian pergi ke Brasil untuk berlibur. Kemudian mereka memanggil saya lima hari kemudian untuk memberi tahu saya bahwa perpanjangan itu tidak mungkin terjadi.”

“Itu bukan keputusan saya, saya ingin tinggal. Jika klub tidak menghargai saya sebagaimana seharusnya, itu bukan keputusan saya. Saya akan senang tinggal, tetapi seperti yang saya katakan, itu bukan kewenangan saya,” jelas striker legendaris itu.

Ronaldo juga berbicara tentang kepindahannya ke Real Madrid dari Inter pada hari terakhir jendela transfer Januari 2002.

“Saya bergabung dengan Madrid karena saya memang ingin bermain di sana. Impian saya adalah bermain untuk Madrid suatu hari dan saya berjuang keras agar itu bisa terjadi.”

“Roberto Carlos bersama saya di tim nasional dan dia selalu memberi tahu saya apa arti Real Madrid bagi semua orang. Itu meninggalkan kesan yang sangat bagus dan setelah beberapa tahun saya ingin melihatnya dengan mata kepala sendiri.”

“Sebenarnya itu (Real Madrid) adalah klub yang lebih besar daripada yang dia katakan padaku! Ada harapan besar setiap saat dan juga banyak tekanan karena kami selalu memiliki pemain terbaik dunia. Saya senang mengetahui bahwa saya bisa menjadikan Real Madrid klub yang lebih besar,” kata penyerang asal Brasil itu.

Ronaldo bergabung dengan Real Madrid untuk membentuk Los Galacticos bersama Figo, Zidane, Beckham, Raul, Roberto Carlos dan Iker Casillas. Pemain yang dijuluki Sang Fenomenal itu juga menjelaskan apa arti tim itu bagi dunia sepakbola.

“Ada banyak harapan tentang Los Galacticos dan pada akhirnya kami memberikan pertunjukan yang bagus, kami adalah kelompok pemenang yang mengubah cara bisnis ditangani dalam dunia sepakbola. Karena grup kami muncul, setiap tim mulai menghasilkan lebih banyak uang, mereka menjual pemain mereka dengan cara yang lebih baik dan itu adalah perubahan besar yang menciptakan era baru untuk sepak bola,” tutup sang legenda. (dtk)

Baca Juga