Beranda Bogor Raya

LIPI Cibinong Didemo Honorer, Ini Penyebabnya

LIPI Cibinong didemo ratusan tenaga honorernya, Rabu (12/2/2020). (ist)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ratusan pegawai honorer Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong, Kabupaten Bogor, menggelar demonstrasi karena tak terima diberhentikan sepihak, Rabu (12/2/2020).

Diketahui, ada beberapa bagian pekerja yang diberhentikan dari LIPI. Di antaranya adalah keamanan, bagian kebersihan kawasan dan clening service.

Salah seorang karyawan yang ikut demonstrasi, yang namanya enggan disebutkan mengatakan, aksi tersebut dilakukan untuk menuntut pihak LIPI agar bisa menghapus vendor dan tidak lagi mengadakan seleksi karyawan baru.

“Kami meminta hapus vendor, tidak ada seleksi, semuanya harus bekerja kembali seperti biasa dan tidak ada pengurangan karyawan,” ujarnya.

Sementara, usai didemo pekerjanya, pihak LIPI Cibinong, Kabupaten Bogor yang tadinya mengikuti regulasi yang diklaim sebagai aturan dari pusat untuk pengurangan karyawan, mengurungkan diri.

Humas LIPI Cibinong, Kabupaten Bogor, Esti Baina mengaku pihaknya sudah melakukan mediasi dengan para karyawan honorer yang melakukan aksi demo. “Keputusan terakhir tidak ada PHK. Semua dipekerjakan lagi,” ujarnya seperti dikutif pojokbogor (Radar Bogor Group).

Dia mengatakan info pemberitahuan mengenai pengurangan itu sudah diberikan sejak tahun lalu kepada seluruh karyawan. “Kalau info pengurangan itu sudah di infokan tahun lalu, ini kan sebenarnya kebijakan pemerintah pusat mengenai pengurangannya,” kata Esti.

Menurutnya, kewenangan untuk persoalan tenaga pegawai honorer di LIPI juga merupakan domain nya Biro Umum LIPI. Sehingga, untuk jumlah karyawan yang tadinya akan dilakukan pihaknya itu diakui Esti, tidak diketahui pasti.(cek/pojokbogor)

Baca Juga