Beranda Politik

Di NIlai Belum Bisa Pilih Pernyataan Gibran Di Sarankan Ambil Jubir

Gibran Rakabuming Raka (Foto: Bayu Ardi/detikcom

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pengamat UNS, Agus Riewanto, menilai Gibran Rakabuming Raka belum bisa memilah pernyataan yang layak disampaikan ke publik sehingga tidak mendinginkan suasana menjelang Pilkada Solo. Agus menyarankan Gibran sebaiknya menunjuk juru bicara.

Pengamat politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Agus Riewanto, mengatakan saat ini suasana Pilkada Solo sudah semakin kondusif. Bakal calon dari PDIP diharapkan tidak membuat pernyataan yang justru tidak mendingin suasana.

Saran Agus tersebut terkait pernyataan Gibran Rakabuming Raka yang mengaku telah ditegur Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo dinilai tidak perlu diungkap. Teguran itu, kata Gibran, dilakukan saat dia menemui Rudy hari Minggu (9/2) lalu.

“Ini kan suasana Pilkada Solo sudah semakin kondusif. Jangan sampai dengan adanya pernyataan yang tidak perlu justru membuat tidak kondusif,” kata Agus saat dihubungi detikcom, Selasa (11/2/2020).

Namun Agus menilai pernyataan Gibran tersebut tidak bermaksud sengaja. Mungkin karena Gibran masih baru di dunia politik jadi belum tahu mana yang harus diungkap ke publik,” kata dia.

Agus menyarankan agar Gibran belajar memahami gaya berpolitik kawan maupun lawan. Apabila kesulitan, Gibran juga bisa merekrut juru bicara yang memahami politik.

“Itu kan hanya belum bisa memahami karakter politik saja. Kalau sudah saling memahami pasti enak. Kalau memang kesulitan, bisa juga ambil juru bicara,” pungkasnya.(dtk)

Baca Juga