Beranda Pendidikan

Rektor IPB University Kukuhkan Organisasi Kemahasiswaan Periode 2019/2020

BOGOR-RADAR BOGOR,Pengukuhan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) IPB University Periode 2019/2020 yang digelar di Gedung Grha Widya Wisuda (19/1) berlangsung dengan khidmat. Pengukuhan ini merupakan salah satu prosesi pembuka bagi perjalanan seluruh Ormawa IPB University selama satu tahun ke depan.

Acara pengukuhan tersebut dibuka oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria dan dilanjutkan dengan membacakan teks pengukuhan yang diikuti oleh setiap mahasiswa yang hadir. Dalam pidatonya, Prof Arif Satria menyampaikan bahwa masa kepengurusan Ormawa hanya satu tahun. Menurutnya, waktu satu tahun tersebut merupakan kesempatan bagi mahasiswa yang berorganisasi untuk mengukir sejarah.

“Tugas kepemimpinan yang paling besar adalah melakukan perubahan, baik itu perubahan kecil maupun perubahan besar dan cara terbaik untuk meramal masa depan adalah menciptakannya hari ini,” ungkapnya.

Sebelum pengukuhan berlangsung, peserta yang terdiri dari 2400 mahasiswa yang mewakili Ormawa terlebih dahulu mendapatkan suntikan motivasi dari Dr Alex Denni, Direktur Human Capital dan Transformasi PT. Jasa Marga, dengan materi khusus yaitu “Become the Agile Leader for Transformation”.

“A good leader sudah pasti dibentuk dan dunia ini akan terus mengalami perubahan, berubahnya cepat sekali. Perubahan yang begitu cepat ini membutuhkan tiga kemampuan yaitu complex problem solving, critical thinking, dan creative and innovative. Tiga kemampuan ini bisa didapatkan dengan mengikuti organisasi,” ungkap Alex.

Ia juga menjelaskan mengenai dunia kerja, terutama di perusahaan yang ia pimpin saat ini. Ia menerangkan, rekrutmen tenaga kerja saat ini sudah tidak lagi distandarkan pada nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) dan latar belakang kampus, melainkan dari kemampuan calon pekerja dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, seleksi yang diberikan tidak lagi seperti dulu, melainkan disesuaikan dengan kondisi perkembangan teknologi hari ini.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University, Dr Alim Setiawan Slamet menyampaikan akan ada transformasi pada kegiatan-kegiatan Ormawa. Ia mencontohkan, Ormawa nantinya dalam mengajukan kegiatan, proposal yang dibuat sudah dalam bentuk digital. Ia pun mengaku, pendanaan kegiatan Ormawa dalam satu tahun ke depan dinaikkan dan meningkat dibandingkan periode sebelumnya. “Alhamdulillah anggaran pendanaan Ormawa pada tahun ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, “ jelasnya. (SMH/RA)

Baca Juga