25 radar bogor

Indonesia Bisa Pecah Seperti Uni Soviet, MPR Ingatkan Pentingnya NKRI

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat Sosialisasi Empat Pilar MPR di hadapan Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ciputat, Tangerang Banten, di Kompleks Parlemen, Senayan. (dok MPR RI)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pecah dan hancurnya Uni Soviet sebagai sebuah negara, bukan tidak mungkin bisa terjadi di Indonesia. Pasalnya, keberagaman yang dimiliki Indonesia, jauh lebih besar dibanding Uni Soviet.

Pernyataan itu diungkapkan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat Sosialisasi Empat Pilar MPR di hadapan Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ciputat, Tangerang Banten, di Kompleks Parlemen, Jakarta, (8/2).

Apalagi, lanjut Lestari, sejarah berdirinya Indonesia berasal dari kerajaan-kerajaan yang sudah ada sebelum NKRI lahir. Kemudian, mereka mengikrarkan diri untuk bersatu padu, dan melebur menjadi bangsa Indonesia.

“Kini, fenomena kembalinya negara-negara kecil seperti sebelum Indonesia merdeka hadir kembali,” paparnya.

Ada yang sangat serius, sampai menggunakan senjata. Ada juga yang terlihat seperti lucu-lucuan, termasuk menyertakan atribut seperti pasukan militer. Semua ini menjadi fenomena sekaligus peringatan yang harus dipahami bahwa NKRI belum sepenuhnya menjadi kesepakatan bersama.

“NKRI adalah anugerah, bukan hanya slogan, tetapi tekad mendirikan NKRI adalah sumpah. Inilah tantangan yang akan terus dihadapi oleh generasi muda, baik zaman sekarang maupun masa depan,” kata Lestari.

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini menggunakan metode workshop. Selain Lestari, acara tersebut turut menghadirkan dua pembicara yang lain yaitu prakrisi pendidikan Ahmad Baidlowi praktisi pendidikan dan mantan Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Sunyoto.

Lebih lanjut, Lestari juga mengajak generasi muda memahami dan menjiwai Empat Pilar MPR RI untuk mengeliminir potensi perpecahan di Indonesia. Selain itu, politikus perempua Nasdem itu juga mengajak untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini penting karena generasi muda akan selalu menghadapi perubahan yang sangat cepat. Bukan hanya di bidang teknologi dan informasi, tetapi juga perubahan menyangkut budaya dan nilai-nilai Budaya bangsa ini,” jelasnya.

Menurutnya, perubahan yang cepat disertai keterbukaan akan diikuti masuknya nilai-nilai asing, dan bisa berakibat terpinggirnya Pancasila. “Inilah tantangan yang akan terus dihadapi generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan,” imbuh Lestari.

Sosialisasi Empat Pilar dengan metode workshop ini terlihat lebih semarak karena berlangsung dua arah. Semua peserta tidak hanya menjadi pendengar, tetapi juga terlibat dalam permainan dan penerapan nilai-nilai Empat Pilar MPR yang diperagakan selama berlangsungnya kegiatan. Mereka juga mendapatkan ruang yang cukup, untuk menyampaikan pandangan dan pendapatnya seputar Empat Pilar.(jwp)