25 radar bogor

IPB University Adakan Scientific Diving and Conservation Program

BOGOR-RADAR BOGOR,Laboratorium Selam Ilmiah Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilm Kelautan (FPIK) IPB University mengadakan kegiatan Scientific Diving and Conservation Program. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12-16 Januari 2020 di Teluk Pemuteran, Taman Nasional Bali Barat dan Coral Triangle Center Sanur, Bali dan diikuti oleh mahasiswa beserta masyarakat umum.

“Program ini meliputi beberapa bagian yaitu pelatihan dan sertifikasi selam level Open Water Diver, pelatihan penggunaan Underwater Drone untuk observasi terumbu karang dan pengenalan kegiatan restorasi terumbu karang,” ungkap Prakas Santoso selaku pelaksana kegiatan.

Kepala Laboratorium Selam Ilmiah ITK-FPIK yang juga dosen IPB University di departemen ITK-FPIK, Beginer Subhan, menyampaikan bahwa program ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Laboratorium Selam Ilmiah. “Kami sudah tiga tahun terakhir melaksanakan kegiatan ini,” ungkap Pakar terumbu karang IPB University ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, setiap tahunnya kegiatan dalam program ini bertambah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, misalnya pada tahun ini untuk pertama kalinya pihaknya menambahkan pelatihan Underwater Drone untuk observasi terumbu karang dalam rangka ujicoba Navatics Underwater Drone.

Dondy Arafat, instruktur selam pada kegiatan ini menambahkan peserta melakukan penyelaman di dua lokasi yaitu Teluk Pemuteran dan Pulau Menjangan Taman Nasional Bali Barat. Kedua tempat tersebut dipilih karena keduanya merupakan daerah konservasi. “Pada akhir kegiatan kami melakukan kunjungan pembelajaran ke Coral Triangle Center di Sanur. Tempat ini merupakan pusat pembelajaran tentang konservasi terumbu karang di Indonesia,” ujarnya. (*/RA)