25 radar bogor

Sukabumi Kembali Diguncang Gempabumi Tektonik

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi
Gempa Megathrust Mentawai
Ilustrasi Gempa

BOGOR-RADAR BOGOR, Wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya kembali diguncang gempabumi tektonik, Rabu (5/2/2020) pada pukul 17:49:40 WIB.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.2 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 7.33 LS – 106.63 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 39 km Tenggara KAB-SUKABUMI-JABAR dengan kedalaman 109 Kilometer.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Menengah akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Ciletuh- Palabuhanratu dengan Skala Intensitas II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga laporan ini dibuat pukul 18:40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.(pin/*)