25 radar bogor

Terkait Pembangunan Waduk Cijurey, Camat Cariu Bilang Begini

Waduk Cibeet Cariu
Sungai Cibeet yang akan dijadikan waduk Cibeet oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapat penolakan dari warganya.
Waduk Cibeet Cariu
Sungai Cibeet yang akan dijadikan waduk oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapat penolakan dari warganya.

CARIU-RADAR BOGOR, Meski pemerintah telah menyatakan akan membangun Waduk Cijurey di Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, namun pemerintah kecamatan mengaku belum ada pembahasan lanjutan terkait rencana pembangunan waduk tersebut.

Camat Cariu, Bangbang Padmanegara mengatakan, sampai saat ini belum ada realisasi maupun pembahasan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dengan pemerintah setempat.

“Rencana Kabupaten Bogor untuk pembiayaan minta ke pusat sampai sekarang belum ada realisasi,” kata Bangbang kepada Radar Bogor, Senin (3/2/2020).

Bangbang menyebutkan, warga yang akan terkenan dampak pembangunan waduk tersebut nantinya dapat direlokasi ke tempat lebih baik. Sebelumnya, Pemkab telah merencanakan rapat, sayangnya rapat tersebut gagal.

Bangbang menilai, Waduk Cijurey bukan hanya solusi agar lahan sawah dapat terairi, namun lokasi tersebut nantinya dapat menjadi tempat wisata. “Belum sosialisasi lagi kepastian jadi atau tidaknya,” terangnya.

Bangbang mengaku, program pembangunan waduk tersebut masuk dalam program pemerintah pusat. Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) Waduk Cijurey sudah ada. “Andalnya sudah ada. Inikan jadi solusi banjir Karawang dan Bekasi juga,” tandasnya.(rp1)