25 radar bogor

Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Air Sungai Cibeber Citeureup Berwarna Merah

Sungai Cibeber, yang berlokasi di samping Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi, Jalan Alternatif Kelurahan Puspanegara, Kecamatan Citeureup,
Air Sungai Cibeber di Jalan Alternatif Kelurahan Puspanegara, Kecamatan Citeureup, berubah menjadi merah, Senin (3/2/2020).

CITEUREUP-RADAR BOGOR, Pemandangan berbeda terlihat pada warna Sungai Cibeber, yang berlokasi di samping Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi, Jalan Alternatif Kelurahan Puspanegara, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

Sungai ini nampak berwarna merah, Senin (3/2/2020).
Perubahan warna ini diduga akibat pembuangan limbah perusahaan yang berada tidak jauh dari aliran sungai.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Puspanegara, Suharto mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan besok (5/2/2020). “Baik nanti kami akan cek,” tutur Suharto kepada Radar Bogor, Senin (3/2/2020).

Warga Kelurahan Puspanegara, Faisal (30) mengatakan, tidak tahu apa penyebab warna air di sungai ini menjadi kemerah-merahan. Biasanya, warna air di sungai tersebut nampak jernih.

Fasial menduga, warna merah air sungai disebabkan adanya pencemaran limbah pabrik di sekitar sungai. Kemungkinan, ini menjadi kejadian sama tahun lalu yang mengakibatkan warna sungai menjadi merah. “Paling limbah pabrik. Sama kaya tahun lalu juga begini,” terangnya.(rp1)