Beranda Metropolis

Situs Batutulis Bakal Ditata, Begini Konsepnya

Acara Sarasehan Revitalisasi Situs Batutulis di Balaikota, Rabu (29/1/2020).

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana menata kawasan Situs Batutulis, menjadi objek wisata yang menarik. Rencana itu disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam acara Sarasehan Revitalisasi Situs Batutulis di Balaikota, Rabu (29/1/2020).

“Tahap awal kita mengundang para pakar, ada Prof. Agus, Prof Mina dan kita mengundang juga para budayawan untuk memberikan masukan. Jadi, ini baru desain awal dan nanti disempurnakan lagi,” ujar Bima.

Setelah itu, sambungnya, akan berperoses sangat luas dalam kawasan Batutulis tersebut. “Tahapan berikutnya akan ada wilayah yang dibangun di sekitar prasasti Batutulis itu kira-kira,” terangnya.

Perencanaan pembangunan prasasti Batutulis tersebut dibuat agar masyarakat tidak hanya belajar dari sejarah, tetapi juga bisa menghidupkan nilai-nilai dan menjadi situs sejarah yang mengundang wisatawan.

“Desain awal sementara, yaitu bangunannya dibongkar dan disisakan tengahnya. Tapi, format bangunannya sekarang kita minta masukkan seperti apa. Ada keinginan nuansanya seperti nuansa Sunda, ada keinginan menghidupkan atau membangun replika dari kerajaannya. Itu kita tampung dulu semua,” tandasnya.(pkl)

Baca Juga