25 radar bogor

Pakar China Sebut Wabah Virus Corona Akan Segera Reda

Ilustrasi Virus Corona
Ilustrasi Virus Corona

 

Pakar di China sebut virus corona akan segera mereda. Foto: (Reuters)

Seorang ilmuwan terkenal di Komisi Kesehatan Nasional China, Zhong Nanshan mengatakan wabah virus corona tidak akan meningkat dalam skala yang besar. Wabah ini diyakini akan mencapai puncaknya dalam waktu 10 hari.

“Saya percaya, itu (wabah virus corona) akan mencapai puncaknya dalam waktu seminggu atau sekitar 10 hari,” kata Zhong yang dikutip dari The Star.

Virus corona kini telah menewaskan 106 orang di China. Zhong percaya meskipun sejauh ini belum ada obat yang bisa mengatasinya, tapi tingkat kematian akibat dari wabah virus ini akan terus menurun.
Baca juga: Pejabat Kemenkes Sebut Virus Corona Tak Seganas SARS dan MERS

Meskipun disebut lebih licik dari SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), Zeng Guang salah satu senior ahli komisi kesehatan percaya situasi akan membaik saat cuaca lebih hangat.

“Dibandingkan dengan SARS, coronavirus baru ini lebih ‘licik’. Tapi saya yakin situasi akan membaik saat muncul cuaca yang lebih hangat,” katanya.

Menurut Zeng, dengan cuaca yang lebih hangat itu membuat penyebaran penyakit pernapasan menular akan tidak kondusif lagi. (dtk)