25 radar bogor

Menteri Nadiem Anggarkan Rp 430 Miliar untuk Sensus Keamanan Sekolah

Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com
Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com
Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com
Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menggelontorkan dana sebesar Rp 436 miliar untuk sensus keamanan sekolah pada 2020.

“Untuk sarana prasarana, pada tahun ini kami menganggarkan dana sekitar Rp 843 miliar yang terbagi tiga yakni revitalisasi sekolah, pembangunan unit, dan sensus keamanan sekolah,” ujar Nadiem dalam rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Rakyat di Jakarta, Selasa.

Dana sebesar Rp 843 miliar nanti akan dialokasikan Rp 170 miliar untuk revitalisasi sekolah, pembangunan unit sekolah Rp 237 miliar dan sensus keamanan sekolah sebesar Rp 436 miliar. “Ini hubungannya dengan bencana kemarin,” katanya.

Menurut Nadiem, selama ini keadaan bangunan sekolah datanya berdasarkan pelaporan dari sekolah sendiri, bukan oleh ahli yang mengerti teknik sipil.

Karenanya, mulai tahun ini Kemendikbud melakukan sensus keamanan bangunan untuk semua bangunan SD, SMP, SMA, SMK negeri dan swasta untuk memastikan keamanan siswa.

Untuk pelaksanaannya dilakukan oleh perguruan tinggi yang memiliki keahlian atau jurusan teknik sipil, dan bekerja sama dengan PUPR menggunakan instrumen bangunan pascabencana dan daerah.

Pada tahun 2020, Kemendikbud juga menganggarkan Rp 697 miliar untuk mengadakan laptop dan LCD di 3.876 sekolah di Indonesia. Perangkat tersebut digunakan untuk peningkatan kualitas proses pembelajaran dan pelaksanaan untuk Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter (berbasis komputer) 2021. (jpnn)