25 radar bogor

Tol BORR Seksi III A Ditergetkan Selesai April, Jalur Naik Turun Baru 60 Persen

Tol-BORR
Suasana lalu lintas di Tol BORR. Hendi/Radar Bogor
Tol-BORR
Suasana lalu lintas di Tol BORR. Hendi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pembangunan jalan Tol Bogor Outher Ring Road (BORR) Seksi IIIA, sepanjang 2,85 km, ditargetkan selesai April 2020.

Penyelesaian proyek pembangunan jalan tol ini sebenarnya meleset dari target yang sudah ditentukan yakni Desember 2019.

Pelaksana Teknis Lapangan PT. PP, Zen mengatakan, pembangunan jalur naik dan turun atau on and off ramp saat ini sudah mencapai 60 Persen.

Zen juga menuturkan bahwa proses pembangunannya berbarengan dengan jalan utama, yang saat ini masih terus dilakukan guna mencapai target yang dikehendaki.

“Tiang-tiang penyangganya saat ini sudah sebagian besar berdiri. Mayoritas untuk off ramp-nya. Kalau untuk on ramp-nya baru mau dibangun,” terangnya.

Lebih lanjut, Zen menjelaskan molornya proses pembangunan jalur on ramp akibat dari pembebasan lahan yang memakan waktu cukup lama.

Menurutnya, PT PP saat ini fokus mengerjakan jalur on and off ramp sepanjang 600 meter di Jalan Kayumanis, yang titiknya berada pada penyangga P135 hingga P143.

“Nah untuk pintu tolnya, baik Gate in atau out itu berada di sekitaran Kali Angke. Karena on and off ramp titik awal dan akhirnya ada di dekat Kali Angke,” ungkapnya.

Dari pantauan Radar Bogor, sejauh ini para pekerja sedang memfokuskan pada pengecoran di sekitar tiang-tiang jalur off ramp. Sedangkan untuk on ramp, para pekerja sedang menggali lubang untuk fondasi dari tiang penyangga tersebut.

Pekerjaan untuk pembangunan tiang penyangga on ramp baru dimulai, mengingat baru tadi pagi proses pembebasan sebagian lahan warga selesai.

“Untuk proses naikin erection biasanya malam hari dilakukannya, mengingat jumlah kendaraan tak terlalu banyak,” pungkasnya. (cr3/c)