25 radar bogor

Terkait Kaburnya Harun Masiku, Menkum HAM Copot Dirjen Imigrasi

Ronny Sompie dicopot dari jabatannya sebagai Dirjen Imigrasi.
Ronny Sompie dicopot dari jabatannya sebagai Dirjen Imigrasi.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kasus kaburnya politisi PDIP, Harus Masiku makan korban. Dimana, Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly, akhirnya mencopot Dirjen Imigrasi, Ronny Sompie.

Menurut Yasonna, pencopotan itu terkait dengan upaya tim independen atau Tim Pencari Fakta (TPF) mencari tahu mengapa imigrasi bisa kecolongan data perlintasan Harun Masiku.

“Artinya difungsionalkan supaya nanti tim independen bisa bekerja dengan baik, karena saya mau betul-betul terbuka dan tim nanti bisa melacak mengapa terjadi delay,” kata Yasonna seperti dikutif dari detikcom.

Hal itu disampaikan Yasonna di Istana Kepresidenan, Selasa (28/1/2020). Yasonna mengatakan pencopotan Ronny itu juga agar tim independen bisa mengecek mengapa data perlintasan Harun Masiku bisa tersimpan di komputer bandara terminal 2. “Kalau di Terminal 3 kan beres, makanya ndak ada masalah di terminal 3,” kata Yasonna.

“Kalau di terminal 2 ini ada delay, ada memang perubahan simkim satu ke simkim 2. Ada pelatihan staf sehingga pada pelatihan itu data dummy masuk ke pusat, tidak dibuat akses ke pusat. Tetap karena ada sesuatu, selesai itu kenapa tidak dibuka kembali access itu. Itu jadi persoalan,” sambungnya.(pin/dtc)