Beranda Metropolis

Perumda Tirta Pakuan Punya Pompa Terbesar, Beroperasi untuk Wilayah Bogor Barat

Petugas Perumda Tirta Pakuan, siap memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggannya.

BOGOR-RADAR BOGOR-Perumda Tirta Pakuan, semakin menggenjot kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

Mereka pun telah mengoperasikan Inline Pump atau Pompa Inline untuk memperkuat aliran air yang sempat tersendat di wilayah Bogor Barat.

Direktur Teknik Perumda Tirta Pakuan, Ade Syaban Maulana menjelaskan, pemasangan pompa itu memang menindaklanjuti keluhan masyarakat di area tersebut.

Sebelumnya, air hanya bisa mengalir selama 3-4 jam. Bahkan, air bersih di beberapa titik hanya bisa dinikmati pada waktu pagi dan sore hari.

“Solusinya memang harus memakai pompa agar airnya bisa mengalir. Kalau memilih pemasangan pipa baru, biayanya jauh lebih mahal (mencapai puluhan miliar),” terang Ade kepada wartawan, Senin (27/1/2020).

Fungsi Inline Pump itu untuk menambah tekanan dan debit air di wilayah Bogor Barat. Khususnya seperti Bubulak, Sindang Barang, Gunung Batu, hingga Balumbang Jaya.

Pompa yang dipasang di wilayah Jalan Sedane itu diakui Ade sebagai instalasi paling besar. Lantaran memanfaatkan daya listrik 350 kVA. Untuk itulah, pemasangannya butuh waktu cukup lama karena memerlukan gardu listrik tersendiri.

Belum ada pompa dengan kekuatan daya melebihi kapasitas 350kVA di Kota Bogor. Pompa yang pernah dipasang Perumda Tirta Pakuan hanya berkisar antara 5.000 watt – 200 kVA.

“Kita intinya mau meningkatkan kualitas pelayanan tahun ini. Kalau ada keluhan masyarakat, langsung kita tindak lanjuti,” tandas Ade.

(mam)

Baca Juga