25 radar bogor

Gedung Baru RSUD Kota Bogor Siap Diresmikan oleh Gubernur Jabar

RSUD-Kota-Bogor
Tampak bagian dalam gedung RSUD Kota Bogor Blok 3 yang masih dalam tahap penyelesaian.
RSUD-Kota-Bogor
Tampak bagian dalam gedung RSUD Kota Bogor Blok 3 yang masih dalam tahap penyelesaian.

BOGOR – RADAR BOGOR, Gedung anyar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor siap di-launching, Kamis (30/1/2020) mendatang.

Tak tanggung-tanggung, peresmian secara simbolis bangunan empat lantai itu akan dilakoni langsung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Bangunan anyar itu sekaligus menjadi andalan baru bagi RSUD Kota Bogor. Pasalnya, pelayanan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah bisa semakin ditingkatkan.

Hampir semua fasilitas juga tergolong mewah dan memanjakan pasien yang harus diopname di rumah sakit berpelat merah itu.

Tak heran, berbagai persiapan terus digenjot untuk menyambut peresmian itu. Bed atau ranjang pasien mulai diisi ke masing-masing kamar. Peralatan kesehatan penunjang juga sudah mulai disediakan di ruangan. Bahkan, toilet ruangan dilengkapi dengan pegangan agar pasien tertentu tidak kesulitan saat beraktivitas.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Ahmad Irawan mengatakan, peresmian gedung anyar itu memang digadang-gadang pada akhir bulan ini. Pihaknya dalam proses merampungkan persiapan. Tahap finalisasi sedang berjalan.

“InsyaAllah jadi (30/1). Kita mau mengundang Gubernur (Jawa Barat). Kehadiran sih belum ada konfirmasi,” paparnya saat dikonfirmasi Radar Bogor, Minggu (26/1/2020).

Lelaki yang juga Kabag Umum dan Kepegawaian RSUD Kota Bogor ini mengatakan, finalisasi tersisa merapikan taman dan selasar depan yang menjadi akses pintu masuk. Lantaran bagian itu menjadi tanggung jawab pihak RSUD Kota Bogor, bukan bagian dari kontrak pengembang.

Direktur RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir cukup senang dengan rampungnya pembangunan gedung tersebut. Ia optimis, gedung itu akan meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit.

Meski sempat molor, pihaknya tetap mendorong agar penggunaan ruangan-ruangan di gedung perawatan Blok 3 itu bisa segera direalisasikan.

“Ini merupakan amanah, karena penyerapan dana yang besar (menelan anggaran Rp89 miliar). Alhamdulillah pembangunannya bisa terlaksana dengan baik, tepat tujuan, menjadi kelas 3 termewah di Kota Bogor dengan sarana yang lengkap. Dengan demikian, masyarakat bisa memanfaatkannya dengan sesegera mungkin,” tandas Ilham.

Ia juga sempat menemani rombongan tim Radar Bogor yang meniti ruangan-ruangan di setiap lantai, Jumat, (24/1/2020).

Gedung anyar RSUD Kota Bogor bisa menampung hingga 264 pasien. Jumlah itu untuk mengatasi jumlah pasien rawat inap yang selalu membeludak. Masing-masing lantai akan diisi 60-68 bed. Spesifikasinya pun mulai dari perawatan penyakit dalam, perawatan bedah, perawatan neuro, hingga perawatan untuk anak-anak. (mam/c)