25 radar bogor

5 Fakta Unik Dhanagun Bogor, Vihara Berusia RatusanTahun

Vihara Dhanagun

Selain Tugu Kujang, Vihara Dhanagun juga menjadi salah satu ikon Kota Bogor. Usianya sudah ratusan tahun, namun bangunannya masih tegak berdiri. Vihara Dhanagun atau biasa disebut Kelenteng Hok Tek Bhio itu, kini menjadi salah satu wihara tertua di Bogor. Berikut 5 fakta unik Vihara Dhanagun :

1. Pohon Mangga

Vihara Dhanagun mempunyai banyak ciri khas atau hal unik di dalamnya. Salah satunya terdapat pohon mangga yang dapat kita lihat dari sisi bagian depan pada plataran. Pohon mangga tersebut di percaya seperti menaungi atau memayungi tuan rumah.

2. Terbuka untuk Umum

Vihara Dhanagun terbuka untuk umum. Masyarakat yang menggunakan di tempat ini tidak hanya suku keturunan Tionghoa tetapi juga umat Islam, Kristen, Hindu dan Budha dipersilahkan datang ke tempat ini.

3. Buka Puasa Bersama

Kegiatan yang diadakan di Vihara Dhanagun tidak hanya yang berhubungan dengan budaya Ttionghoa, tetapi juga ada kegiatan agama lain yang sudah rutin digelar. Seperti buka puasa bersama umat muslim saat bulan Ramadan.

4. Klinik Karuna

Klinik Karuna merupakan klinik pengobatan tradisional yang terdapat di Vihara Dhanagun. Latar belakangnya dibangun klinik itu untuk membantu masyarakat kurang mampu dengan harga jauh lebih murah.

5. Lukisan di Dinding

Nuansa yang tersaji di Vihara Dhanagun identik dengan warna merah dan emas, patung-patung, sesaji hingga lukisan. Lukisan di dinding memiliki makna tersendiri. Banyak lukisan yang mengisahkan tentang kehidupan Dewa Dewi, bahkan dari para leluhur suku Tionghoa.

sumber dari pengelola Vihara Dhanagun

(Mayang/Diyah/Fayedh)