Beranda Ekonomi

Kelebihan dan Kekurangan Produk Pinjaman Syariah

Ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Pinjaman Syariah saat ini banyak ditawarkan. Bank dan lembaga keuangan Syariah yang paling banyak mempromosikan segala produk prinsip syariah termasuk juga pinjaman. Tujuannya adalah memberikan alternatif pilihan kepada nasabah dan masyarakat pada umumnya untuk memilih produk layanan pinjaman yang meringankan.

Produk pinjaman konvensional dan online umumnya memberikan beban bunga yang cukup tinggi. Sebagai konsekuensi kemudahan pengajuan pinjaman yang diberikan. Bagi sebagian nasabah mungkin memberatkan karena jika diperhitungkan jumlah pengembalian pinjaman lebih besar dari modal pinjaman yang diberikan. Tetapi karena alasan kebutuhan mendesak terpaksa diambil sebagai bantuan darurat.

Kelebihan Pinjaman Syariah

Menurut Duwitmu.com,duwitmu.com pinjaman syariah dinilai lebih meringankan masyarakat karena tidak menyertakan beban bunga dalam pengembaliannya. Melainkan bagi hasil yang nilainya sudah disepakati antara pihak pemberi pinjaman dengan nasabah. Jadi dari awal akad hutang piutang nasabah sudah mengetahui dan menyetujui nilai bagi hasil yang harus dibayarkan kepada pemberi pinjaman.

Nilai bagi hasil relatif jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya. Sehingga tidak membebani nasabah peminjam. Tujuan pemberian pinjaman adalah untuk membantu nasabah dan meningkatkan gairah usaha masyarakat dengan mengharap keberkahan bagi kedua belah pihak. Ini sesuai dengan prinsip syariah.

Nilai angsuran setiap bulannya sama atau flat. Bagi nasabah tentu menjadi angin segar, nasabah bisa menghitung kemampuannya dalam membayar angsuran, memilih tenor pinjaman dan besarnya plafon pinjaman yang dibutuhkan. Sehingga diharapkan tidak terjadi keterlambatan pembayaran. Karena tidak akan terjadi kenaikan jumlah angsuran secara tiba-tiba. Menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Tidak dibebankan biaya administrasi. Biaya ini umumnya memberatkan karena sama saja mengurangi nominal pinjaman yang diberikan. Meskipun sudah diinfokan kepada nasabah di awal kesepakatan pinjaman. Biaya administrasi biasanya dibebankan di awal peminjaman dana. Tetapi dalam sistem syariah tidak ada biaya administrasi untuk pinjaman dalam nominal berapapun.

Menerapkan prinsip-prinsip syariah yang menguntungkan bagi nasabah. Meningkatkan daya guna uang, dana yang mengendap di Bank sebagai hasil dari setoran nasabah digunakan semaksimal mungkin untuk kemanfaatan bersama. Meningkatkan daya guna barang, berhubungan dengan pembiayaan syariah. Meningkatkan peredaran uang, meningkatkan gairah usaha dan menjaga stabilitas ekonomi.

Kekurangan Pinjaman Syariah

Sementar, menurut Cicil.id, lembaga keuangan syariah rawan terhadap penipuan dari pihak nasabah, karena menganggap bahwa semua nasabah syariah memiliki I’tikad baik. Bisa terjadi penyalahgunaan dana pinjaman oleh nasabah, sehingga merugikan pihak lembaga keuangan. Sistem bagi hasil yang menguntungkan, merupakan peluang menggiurkan untuk melakukan kecurangan demi kesenangan diri sendiri.

Sistem bagi hasil sebagai pengganti bunga pinjaman memerlukan perhitungan yang cukup rumit. Banyak terjadi kemungkinan kesalahan dalam penghitungan. Sehingga butuh waktu untuk menentukan besarnya jumlah nominal yang akan menjadi kesepakatan kedua belah pihak. Agar saling menguntungkan dan sesuai dengan ketentuan syariah, maka dari itulah rosesnya cukup rumit.

Kebijakan resiko ditanggung bersama membawa konsekuensi pada proses pengajuan pinjaman yang agak berbelit. Lebih sulit dibanding pinjaman konvensional. Tujuannya untuk melindungi nasabah dan lembaga penyedia jasa pinjaman. Karena lembaga keuangan penyedia jasa pinjaman juga ikut menanggung jika terjadi resiko selama masa pinjaman berlangsung.

Memilih jenis pinjaman perlu dipertimbangkan secara matang. Masing-masing pinjaman mempunyai kelebihan dan kekurangan yang bisa disesuaikan dengan kondisi nasabah. Nominal yang dibutuhkan, urgensi, besarnya angsuran adalah hal pokok yang menjadi perhatian. Jika perbandingannya adalah beban biaya dan bunga, maka pinjaman syariah adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan bantuan dana segar.(*)

Baca Juga