Beranda Olahraga

10 Rekor Tak Terkalahkan dalam Sejarah Liga Inggris, Liverpool Sudah 3 Teratas

Skuat The Invincibles Arsenal yang berjaya pada tahun 2004.
Skuat The Invincibles Arsenal yang berjaya pada tahun 2004.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pada tahun 1889, ketika Ratu Victoria masih di atas takhta dan Birmingham diberikan status kota, Liga Sepak Bola dimulai. Pada musim perdananya, Preston North End tidak terkalahkan sepanjang kompetisi.

Penggemar saat itu mungkin tidak menyadari bahwa olahraga ini akan berkembang seperti yang terjadi pada abad berikutnya, apalagi catatan seperti itu akan bertahan 115 tahun.

Yah, 115 tahun setelah musim perdana Liga Inggris, rekor itu dipecahkan Arsenal asuhan Arsene Wenger. Tidak terkalahkan dalam 38 pertandingan Premier League pada 2004.

Banyak yang mengklaim rekor itu tidak akan pernah terjadi lagi di masa hidup kita. Total The Gunners mencapai 49 pertandingan beruntun tanpa kekalahan.

Tapi kini, 16 tahun kemudian, dengan tim Liverpool yang dominan – yang hanya kehilangan dua poin sepanjang musim ini – tampak seperti mereka bisa melampaui pencapaian Arsenal.

The Reds akan menyamai total 49 pertandingan Arsenal tanpa kekalahan jika mereka menghindari kekalahan tandang ke Manchester City pada 4 April.

Nah, untuk pencapaian Liverpool sejauh ini, di mana posisi mereka dalam 10 rekor tak terkalahkan terpanjang di Liga Inggris? Berikut daftar lengkapnya!

9. Nottingham Forest (1995) – 25 pertandingan

Tampaknya sulit untuk percaya bahwa Nottingham Forest akan mengambil poin dari tim seperti Chelsea, Arsenal, Tottenham dan Manchester City untuk tidak terkalahkan di liga selama hampir satu tahun kalender penuh. Tapi ini 1995, Stan Collymore berada di puncak permainannya dan Nottingham Forest mencetak semua jenis rekor.

Forest promoisi pada tahun 1994 dan tetap tak terkalahkan dari Februari hingga klimaks musim 1994/95. Mereka berada di posisi ketiga – mengalahkan rekor dua tahun Blackburn Rovers untuk musim terbaik dari tim Liga Premier yang baru promosi – dan tetap tak terkalahkan lama di musim baru, ketika Blackburn mendapatkan satu gol lagi. Balas dendam Rovers datang dalam bentuk kekalahan 7-0.

9. Manchester United (2016-17) – 25 pertandingan

Musim pertama Jose Mourinho di Old Trafford adalah musim campuran untuk Manchester United. Mereka meraih ‘treble winner’ dengan memenangkan Community Shield, Piala Liga dan Liga Europa, tetapi finish di urutan keenam.

Setelah tumbang 0-4 saat Jose kembali ke Stamford Bridge bersama klub Liga Premier lainnya, United melakukan 25 pertandingan beruntun tanpa terkalahkan, dengan David De Gea mendapat pujian untuk perannya dalam proses itu.

Catatan MU itu akhirnya runtuh dengan kekalahan beruntun di London Utara, lawan Arsenal dan Spurs. (dtk)

Baca Juga