25 radar bogor

Kerahkan 16 Kendaraan Berat, 38 Titik Longsor di Bogor Sudah Bisa Diakses

Akses-Jalan
Jalur ke sejumlah daerah terisolir di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, mulai bisa diakses kendaraan salah satunya Desa Kiarapandak. Sofyansyah/Radar Bogor
Akses-Jalan
Jalur ke sejumlah daerah terisolir di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, mulai bisa diakses kendaraan salah satunya Desa Kiarapandak. Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR – RADAR BOGOR, Beberapa desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor yang terisolir kini sudah mulai bisa diakses.

Itu setelah kendaraan berat yang diterjunkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membuka beberapa titik jalan yang tertimbun longsor. Hingga kemarin, PUPR telah menurunkan total 16 kendaraan berat.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Kementerian PUPR Hari Suko Setiono mengatakan, hingga Sabtu, (18/1/2020), sebanyak 38 titik akses jalan sudah berhasil dibuka untuk dapat dilalui kendaraan.

“Untuk Jalur Harkat Jaya – Urug/Kiara Pandak – Kiara Sari/Cisarua – Cisangku Alhamdulillah sejak tanggal 12 Januari sudah seluruhnya terbuka setelah membersihkan 23 titik longsor. Jalur ini bisa mengakses seluruh desa termasuk ke Arah Nanggung dan Sukabumi,” kata Hari Minggu (20/1/2020)

Selanjutnya kata Hari, akses jalan lain yang sudah berhasil dibuka adalah jalur Parigi – Kampung Banar yang bisa mengakses sampai dengan Nanggung dan Cigudeg.

“Alhamdulillah sejak tanggal 14 Januari sudah 8 titik seluruhnya terbuka,” tuturnya.

Sedangkan untuk jalur Pasir Walang (Kiara Pandak) – Kampung Babakan (Pasir Madang), PUPR sudah membersihkan 4 titik jalan sejak 17 Januari 2020 lalu.

Jalur ini kata Hari bisa mengakses sampai Desa Cisarua dan Kampung Cibarani (Pasir Madang).

“Sementara untuk Jalur Pasir Walang (Kiara Pandak) – Desa Pasir Madang sudah 3 dari 7 titik longsor yang terbuka,” ungkapnya.

Desa Pasir Madang, merupakan 1 dari 6 Desa yang terisolir akibat longsor. Pada hari Rabu 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB terjadi hujan deras yang membuat Sungai Cidurian di Kabupaten Bogor meluap dan mengakibatkan beberapa wilayah sekitarnya mengalami banjir dan longsor.

Selain Desa Pasir Madang, terdapat beberapa titik longsor yang menutup jalan-jalan utama menuju desa-desa lainnya yang juga mengalami bencana longsor, yakni Desa Kiarasari, Kiara Pandak, Urug, Cisarua, dan Desa Cileuksa.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan upaya pembersihan akases akan terus dilakukan sesuai instruksi Presiden Jokowi.

“Untuk bencana longsor akibat banjir di Bogor tetap diperintahkan Presiden untuk tembus semua wilayah yang terisolir. Alat berat tidak akan ditarik sebelum semua tembus,” katanya. (tau)