Beranda Metropolis

Teater Karoeng Unpak Gelar Satu Dekade Tawuran Topeng

Tawuran-Topeng
Teater Karoeng FISIB Universitas Pakuan (Unpak) Bogor.

BOGOR – RADAR BOGOR, Seni pertunjukan teater nampaknya selalu memikat hati anak muda di kalangan mahasiswa di berbagai perguruan tinggi.

Seperti yang rutin digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya (FISIB) Teater Karoeng, Universitas Pakuan, Bogor, Sabtu (18/1/2020).

Berlokasi di pelataran Gedung FISIB, puluhan komunitas teater dari berbagai kampus dan sekolah di Bogor, turut meramaikan acara tahunan Teater Karoeng yang bertajuk Tawuran Topeng ke 10.

Ketua Pelaksana, Syahdan Nur Fadhil Harjanta menjelaskan, ada 15 kelompok teater, dua kelompok seni musik, satu seni tari, dan dua kelompok seni lukis atau mural.

Dari 15 kelompok teater, kata Syahdan, terbagi dari tiga asal kelompok teater yakni, teater kampus , independen, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor.

Syahdan mengatakan, di tahun ini Tawuran Topeng sedikit berbeda, disamping menampilkan berbagai pertunjukan teater, untuk pertama kalinya dihadirkan live mural.

Syahdan menuturkan, Tawuran Topeng 10 ini memiliki konsen acara daur baur kesenian. Konsep tersebut, sambung dia, anggota Teater Karoeng memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai untuk dijadikan instalasi, pameran, hingga panggung.

“Lebih simpelnya berangkat dari yang ada dan baur keseniannya,” tutur Syahdan kepada Radar Bogor, akhir pekan kemarin.

Syahdan menambahkan, Teater Karoeng bukan hanya berfokus kepada seni pertunjukannya saja di Tawuran Topeng ke 10 ini melainkan, ada beberapa jenis kesenian lainnya yang juga ikut meramaikan satu dekade Tawuran Topeng Teater Karoeng. “Ya ada seni musik, puisi, seni rupa dan lainnya bang,” singkat Syahdan. (rp1)

Baca Juga