25 radar bogor

Waspadai Hujan Lebat Hingga Sepekan Kedepan di Wilayah Bogor

Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi di Cirebon sepekan ke depan. Foto: Ricardo/JPNN.com
Ilustrasi cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi di Cirebon sepekan ke depan. Foto: Ricardo/JPNN.com

BOGOR-RADAR BOGOR, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merlis potensi terjadinya hujan lebat hingga 23 Januari 2020 mendatang.

Beberapa daerah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) masih berpotensi diguyur hujan lebat hingga beberapa hari kedepan. Untuk itu, masyarakat yang tinggal didaerah rawan bencana diminta meningkatkan kewaspadaannya.

Berdasarkan sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat.

Tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan kedepan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi wilayah sebagai berikut:

Periode 17-19 Januari 2020 diprediksi terjadi di Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Untuk periode 20-23 Januari 2020 diprediksi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Berdasarkan Peta Prakiraan Berbasis Dampak Hujan Lebat di Indonesia, perlu diwaspadai potensi banjir dan longsor untuk 3 hari ke depan (17-19 Januari 2020) di wilayah Sumatera Barat (siaga), Sumatera Selatan (siaga), Jambi (siaga), Bengkulu (siaga), Jawa Barat (Siaga), Aceh (Waspada), Sumatera Utara (Waspada), Lampung (Waspada), Jawa Tengah (Waspada), Jawa Timur (Waspada), dan Sulawesi Selatan (Waspada).

Sementara potensi hujan lebat di wilayah Jabodetabek pada 17 hingga 19 Januari 2020 perlu diwaspadai untuk wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, Depok dan Bogor.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada.(pin/*)