25 radar bogor

Heboh Kemunculan Sunda Empire, Ridwan Kamil: Semakin Banyak Orang Stres

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

BOGOR-RADAR BOGOR, Belum lama ini masyarakat dihebohkan dengan kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. Nah, kini publik kembali digegerkan dengan kemunculan komunitas Sunda Empire.

Sebuah aktivitas kelompok yang menyatakan sebagai kerajaan atau kekaisaran Sunda di Bandung, Jawa Barat. Gerakan komunitas yang menggunakan pakaian mirip seragam militer ini hampir sama dengan Keraton Agung Sejagat.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut kemunculan Sunda Empire menunjukkan semakin banyak orang stres saat ini. Emil secara pribadi mengaku ironis dengan keberadaan kelompok yang mengklaim telah menciptakan sebuah tatanan baru bernegara.

https://www.radarbogor.id/2020/01/17/heboh-kemunculan-sunda-empire-gunakan-pakaian-mirip-seragam-militer/

Padahal, sejarah bangsa seharusnya menjadi pelajaran yang dipetik untuk menghadapi persoalan ke depan. “Ini banyak orang stres di republik ini, menciptakan ilusi-ilusi yang sering kali romantisme-romantisme sejarah. Dan, ternyata ada orang yang percaya juga menjadi pengikutnya,” ucapnya.

Di sisi lain, Kepolisian Daerah Jawa Barat turut menelusuri keberadaan kelompok Sunda Empire. Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar Komisaris Besar (Kombes) Hendra Suhartiyono mengatakan, pihaknya sudah memonitor komunitas Sunda Empire. “Ini lagi diteliti oleh Polda,” beber dia.

Hendra menyatakan pihaknya bakal menyiapkan langkah hukum jika ditemukan pelanggaran. Saat ini penyidik masih melakukan pendalaman yaitu merumuskan hal-hal apa yang disebarkan Sunda Empire, yang sudah diatur berdasarkan hukum di Indonesia.

“Kami lagi mendalami, apakah serupa dengan Keraton Agung Sejagat yang di Purworejo, kan beda-beda nih. Kalau pendalamannya sudah lengkap, kami siapkan langkah-langkah antisipasi,” tegasnya. (cr1/cnn/c)