25 radar bogor

51 Kades Terpilih di Kabupaten Bogor Resmi Dilantik, 46 Kades Lulusan SLTP

Pelantikan-Kades
Bupati Bogor, Ade yasin, saat melantik 51 kades di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (16/1/2020). Nelvi/Radar Bogor
Pelantikan-Kades
Bupati Bogor, Ade yasin, saat melantik 51 kades di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (16/1/2020). Nelvi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 222 orang kepala desa (kades) terpilih akhirnya resmi dikukuhkan semua.

Terakhir, Kamis (16/1/2020), sebanyak 51 kades terpilih dilantik oleh Bupati Bogor, Ade yasin, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong.

Diantara mereka yang menjadi pemimpin desa, 46 orang hanya lulusan tingkat SLTP/sederajat.

Ade Yasin mengatakan, dari semua kepala desa yang dilantik, jumlah kepala desa laki-laki sebanyak 207 orang dan perempuan sebanyak 15 orang.

Komposisinya, tingkat pendidikan SLTP/sederajat sebanyak 46 orang, dan SLTA/sederajat sebanyak 122 orang, jenjang pendidikan Diploma (d-1 s.d. d-3) sebanyak 5 orang, jenjang pendidikan Sarjana Strata 1 sejumlah 48 orang dan jenjang pendidikan Sarjana Strata 2 sebanyak 1 orang.

“Diharapkan dengan latar belakang pendidikan tersebut akselerasi pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa akan lebih mudah dilakukan,” kata Ade Yasin.

Ade Yasin juga menyebut banyak hal menarik dalam pelantikan para kepala desa.

“Terdapat 1 orang kepala desa yang telah menduduki jabatan berturut-turut selama 3 periode, yang dalam 2 periode memegang jabatan di Desa Gobang, Kecamatan Rumpin, dan saat ini terpilih kembali diperiode ke-3 memegang jabatan di Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin yang bernama Saudara H. Mad Harun.

“Kami ucapkan selamat mengabdi di desa yang baru. Hal-hal positif yang telah sadara torehkan di Desa Gobang agar diaplikasikan dan ditingkatkan di Desa Cibodas,” pinta Ade Yasin

Ade Yasin juga menyebut, pilkades kali ini telah menghasilkan kepala desa termuda yang berusia 26 tahun yang bernama Saudara Ade Syaprudin Muhamad Ma’mun sebagai Kepala Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, dan Kepala Desa tertua berusia 71 tahun bernama Saudara I Sujana sebagai Kepala Desa Singasari, Kecamatan Jonggol.

“Saya percaya kepala desa yang terpilih dan hari ini dilantik adalah kepala desa yang terampil, kepala desa yang bisa memimpin di desa, kepala desa yang bisa mensejahterakan masyarakatnya, saya titip untuk pembangunan dan kesejahteraan di desa masing-masin,” ujar Ade. (ipe/dka/c)