25 radar bogor

Potensi Hujan Lebat Hingga 18 Januari, BNPB Ingatkan Hal Ini

Hujan-Ringan
Ilustrasi hujan ringan
Hujan-Ringan
Ilustrasi hujan 

BOGOR-RADAR BOGOR,Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diperkirakan akan mengalami hujan lebat dan berpotensi banjir pada 12-18 Januari 2020. Hal ini merujuk pada data prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Potensi ancaman bencana itu pun mendapat respon dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Menurutnya, masyarakat harus membentuk posko kesiapsiagaan pemerintah daerah dan melakukan pemantauan peringatan dini dari BMKG, BNPB dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, untuk mengetahui perkembangan situasi terkini.

“Menyiagakan seluruh aparatur pemerintah daerah dan mengkoordinasikan dengan TNl, Polri, instansi vertikal di daerah dan relawan siaga bencana serta unsur masyarakat lainnya,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo dalam keterangannya, Minggu (12/1).

BNPB pun mengimbau, agar masyarakat dapat menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam rangka siaga banjir maupun longsor dan risiko akibat bencana lain. Selain itu, mengalokasikan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) yang cukup dan siap digunakan setiap saat dalam keadaan darurat bencana.

“Mengkoordinasikan proses kesiapsiagaan, penyelamatan dan evakuasi apabila terjadi kondisi darurat serta mengaktifkan rencana kontinjensi yang disusun jika terjadi tanggap darurat,” terang Agus.

BNPB pun meminta agar masyarakat dapat mengkoordinasikan proses kesiapsiagaan, penyelamatan dan evakuasi apabila terjadi kondisi darurat, serta mengaktifkan rencana kontinjensi yang disusun jika terjadi tanggap darurat.

“Sesuai dengan Pasal 91 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, agar Gubernur melakukan pembinaan dan pengawasan kepada kabupaten/kota di wilayahnya terhadap pelaksanaan penanggulangan bencana serta melaporkan hasilnya kepada Menteri Dalam Negri dan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan,” tukas Agus. (JPG)