Beranda Metropolis

Pembangunan Sudah 77 Persen, Proyek Tol BORR IIIA Terus Dikebut

Suasana lalu lintas di sekitar proyek pembangunan Tol BORR Seksi IIIA. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR – RADAR BOGOR, Pembangunan jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi III terus dikebut. Hingga kini, pembangunan sudah 77 persen.

Proyek milik PT Marga Sarana Jabar (MSJ) itu sudah memasuki pembangunan minggu ke-56. Seksi IIIA yang menghubungkan jalan sepanjang Simpang Yasmin dan Simpang Semplak itu juga mencapai progres 77,43 persen.

Artinya, proses pembangunan proyek senilai Rp2 triliun bisa segera rampung sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Humas PT MSJ, Ferry Siregar mengakui, pembangunannya memang sempat terkendala karena musibah tumpahnya coran beton, tahun lalu. Saat itu, mereka benar-benar tidak bisa melanjutkan pembangunan sekitar dua bulan. Hal itu memaksa pekerjaan proyek diperpanjang hingga Maret, tahun ini.

“Itu yang bikin kita tidak bisa apa-apa dulu, karena harus diselidiki dulu. Nah, pekerjaan jalan seksi IIIA ini seharusnya selesai Desember (2019) kemarin.

Cuma, musibah itu yang bikin pekerjaan di-hold. Kalau yang soal (jatuhnya) crane, tidak begitu menghambat proses pengerjaan karena langsung bisa ditangani,” terangnya, saat dikonfirmasi Radar Bogor, Selasa (14/1/2020).

Ia juga merincikan, progress pembangunan selama seminggu di pekan ke-55 ini mencapai tambahan 1,23 persen. Pengerjaan kali ini kian digenjot karena memasuki pekan ke-56. Kelanjutannya, tak boleh ada lagi celah atau kendala lainnya.

Untuk urusan pembebasan lahan, kata Ferry, pihaknya sudah tak punya kendala lagi. Menurutnya, tersisa pembongkaran rumah atau lahan yang baru dibebaskan. Ditambah lagi, ada utilitas PDAM dan trafo PLN di RSIA Bunda Suryatni. “Tapi sejauh ini tidak mengganggu proses pengerjaan,” tambahnya.

Ia menyebutkan, beberapa rencana kerja minggu ke-56 bisa dimulai dari rigid pavement, produksibox grider, pengerjaan borepile ramp di 70 titik, pile cap ramp di 4 titik, hingga kolom ramp di 4 titik.

Selain itu, masih ada pengerjaan PDA test di empat titik, pemasangan LRB mainroad sebanyak 20 unit, hingga pengerjaan saluran samping. Pembangunan masjid juga masih berlanjut dari minggu sebelumnya, sebagai fasilitas tol rest area.

“Melihat kondisi ini, kita yakin bisa selesai sampai waktu yang ditentukan. Maret kita benar-benar closing ya. Mudah-mudahan tidak ada kendala lagi yang seperti kemarin. Makanya kita sudah tekankan supaya safety first dalam pengerjaan proyek ini,” optimisnya lagi.

Sementara itu, Humas Kontraktor PP, Suryo mengatakan progres tersebut akan segera diumumkan. Hanya saja, pihaknya masih menunggu waktu yang tepat. “Nanti kita akan share sama-sama karena bulan ini sekalian mau temu media,” tandasnya. (mam/c)

Baca Juga