Beranda Metropolis Blanko KTP-el Terbatas, Komisi I Sidak Layanan di Disdukcapil Kota Bogor

Blanko KTP-el Terbatas, Komisi I Sidak Layanan di Disdukcapil Kota Bogor

Disdukcapil
Komisi I DPRD Kota Bogor saat sidak ke Kantor Disdukcapil, Selasa (14/1/2020).

BOGOR-RADAR BOGOR, Komisi I DPRD Kota Bogor mengecek pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor. Sidak tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I Safrudin Bima dengan seluruh jajaranya.

“Kita memastikan layanan publik soal kependudukan berjalan baik dan efektif, kita langsung ke sana (Disdukcapil,red), ke tempat layanan, berdialog langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

Dari hasil sidak itu, kata dia, secara umum berjalan dengan baik hanya saja dibeberapa layanan vital pelayanan ditangani oleh non ASN.

“Mungkin ASN karena kaitannya asistensi dan penugasan lain (memberikan mandat, red) ke non ASN, tetapi tetap harus dimotori ASN dalam hal layanan, non ASN diharapkan hanya membantu agar lebih tertangani secara menyeluruh, hanya membantu bukan mengambil tugas utama,” paparnya.

Selain itu, banyak warga yang datang ke Disdukcapil untuk menanyakan ketersediaan blangko KTP-el, ia meminta kepala Disdukcapil agar gencar memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan keterbatasan blangko.

“Harus memberikan penjelasan dan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, harus konsen disitu menurut saya, Disdukcapil ini tidak pernah terhenti dari pelayanan masyarakat soal kependudukan,” tambahnya.

Disisi lain, ia mengakui jika permasalahan ketersediaan blangko ini ada kaitanya dengan pemerintah pusat,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga ingin mengetahui kependudukan yang sudah terlayani seberapa banyak dan yang belum berapa banyak. “Supaya kita bisa mengecek pelayanan ini (ke masyarakat, red) seperti apa,” tukasnya. (ded/c)