25 radar bogor

Baru Cair Rp1,5 M, Pemprov Tunggu Ajukan Tambahan Dana Bencana di Kabupaten Bogor

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama Bupati Bogor Ade Yasin.
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama Bupati Bogor Ade Yasin.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) masih menunggu pengajuan dari Bupati Bogor Ade Yasin untuk penambahan anggaran penanganan bencana di Kabupaten Bogor. Dana yang sudah dicairkan Rp1,5 miliar.

“Kan sudah dicairkan Rp1,5 miliar untuk Kabupaten Bogor. Kalau perlu akan dibantu lagi. Asalkan Ibu Bupati yang minta,” kata Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum seperti dikutif dari pojokbogor (Radar Bogor Group), Rabu (15/1/2020).

Pada dasarnya, Pemprov Jabar telah memiliki alokasi Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam APBD 2020. Namun, dia tidak mengetahui secara pasti besarannya.

“Yang pasti, BTT sudah disiapkan. Jadi tidak perlu proposal lagi untuk daerah yang membutuhkan. Seperti Kabupaten Bogor ini akan memperpanjang masa tanggap bencana, kemungkinan akan kita bantu lagi,” kata Uu.

Bupati Ade Yasin sendiri hanya berharap Pemprov Jabar membantu untuk membiayai sewa rumah bagi sekitar 19 ribu pengungsi di Kabupaten Bogor, yang telah 14 hari tinggal di pengungsian.

“Iya sudah terlalu lama juga kasihan kan. Sambil menunggu relokasi sebaiknya dicarikan hunian sementara dulu, bisa seperti barak yang layak atau sewa rumah,” kata Ade.(cek/pojokbogor)