25 radar bogor

Banyak Oknum Dirikan Posko Bantuan Tak Resmi, Dandim : Akan Kami Tertibkan

Pengungsian
Penampungan korban bencana di Kampung Sinar Harapan di Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya.
Pengungsian
Penampungan korban bencana di Kampung Sinar Harapan di Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya.

SUKAJAYA-RADAR BOGOR, Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Inf Harry Eko segera tertibkan posko bayangan atau tidak resmi.

Pasalnya, pasca bencana yang mengundang banyak masyarkat memberikan bantuan, banyak juga oknum-oknum yang mendirikan posko tanpa ada koordinasi dengan intansi terkait.

Menurut Eko, saat ini hanya ada lima titik posko resmi yang tersebar di wilayah Cigudeg dan Sukajaya.

Yakni posko tanggap darurat di kantor BPBD Cibonong, posko lapangan di bekas kantor Camat Sukajaya, posko pendukung di sebelah kantor Camat lama di Desa Sukajaya, posko pendukung atau pendamping di Kantor Camat baru di Pasir Madang dan posko pendamping di Kantor Camat Cigudeg.

Sehingga, sejumlah posko yang berada diluar posko resmi tersebut dianggap sebagai posko bayangan, yang menurutnya, saluran banrtuannya tidak bisa dipastikan kemana, lantaran tidak terkoodinasi.

“Tidak boleh ada posko diluar Posko Tanggap Darurat, pokoknya nanti akan kami tertibkan segera,” jelasnya ketika dikomfirmasi Radar Bogor, Selasa (14/1/2020).

Sejauh ini, Eko bersama tim, telah menertibkan belasan posko disepanjang jalan Cigudeg sampai area lokasi bencana di Kecamatan Sukajaya.

“Cukup banyak posko bayangan tersebar, yang jelas saya menghimbau untuk segera ditertibkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, selama ini, distribusi bantuan logistik seharusnya terpusat di posko resmi yang sudah ditetapkan.

Makanya, ia mengimbau semua masyarakat yang ingin memberikan bantuan, agar menyalurkan bantuannya ke posko-posko resmi, yang dijamin pendistribusiannya.

“Kami tidak ingin ada oknum yang mengambil yang bukan hak mereka. Sehingga ini segera akan terus kami tertibkan,” tandasnya. (nal/c)