Beranda kampus

Mau Kuliah di Bogor? Berikut 12 Kampus Terbaik di Kota Hujan

Kampus
Ilustrasi Kuliah

Memiliki beragam kuliner dan tempat wisata unik, membuat Bogor menjadi salah satu daerah yang banyak dikunjungi. Bukan hanya untuk liburan, Bogor juga menjadi tempat favorit untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Nah, bagi Anda yang berminat kuliah di Bogor, berikut 12 kampus terbaik di Kota Hujan yang bisa jadi pilihan :

1. IPB University

Institut Pertanian Bogor (IPB) kini telah berubah nama menjadi IPB University. Kampus yang telah berdiri sejak 1 September 1963 itu, kini telah memiliki 9 Fakultas, 1 Sekolah Bisnis, 1 Sekolah Pacasarjana, dan Program Diploma.

9 Fakultas tersebut terdiri dari, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Pertenakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, serta Fakultas Ekologi Manusia.

IPB University memiliki 5 tempat untuk kegiatan belajar mengajar dan penelitian, yaitu Kampus IPB Dramaga, Kampus IPB Baranangsiang, Kampus IPB Gunung Gede, Kampus IPB Cilibende, dan Kampus IPB Taman Kencana.

IPB University merupakan Perguruan Tinggi Negeri favorit di Kota Bogor. Berminat kuliah di IPB University? langsung saja kunjungi website resminya di https://ipb.ac.id untuk info lanjutnya.

2. Universitas Pakuan

Universitas Pakuan (Unpak) merupakan kampus yang telah berdiri sejak 1980. Kampus yang terletak di Jl. Pakuan, RT.02/RW.06, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah itu, memiliki 3 Program Studi yaitu Sekolah Vokasi, Program Sarjana, dan Sekolah Pascasarjana.

Serta memiliki 6 fakultas yaitu, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB), Fakultas Teknik, serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam (FMIPA).

Program Studi Ilmu Hukum, Akutansi, Administrasi Pendidikan, Manajemen, dan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, adalah program studi yang sudah terakreditasi dengan nilai A di Unpak. Tertarik kuliah di UNPAK cek langsung website nya di https://unpak.ac.id .

3. Universitas Ibn Khaldun

Universitas Ibn Khaldun atau yang sering dikenal dengan UIKA, merupakan kampus Islam yang didirikan oleh para tokoh bangsa dan alim ulama, salah satunya adalah K.H. Sholeh Iskandar.

Berdiri sejak 1961 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Ibn Khaldun Bogor.

UIKA telah memiliki 6 fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana dengan 4 jenjang pendidikan, 22 program studi, dan banyak pilihan konsentrasi serta 16 Unit Pengembangan diri bagi Mahasiswa.

Enam fakultas yang ada di UIKA yaitu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknik dan Sains, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Untuk Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Manajemen, dan Teknologi Pendidikan (S2), sudah terakreditasi A. Fakultas Agama Islam pun sudah 3 tahun berturut-turut menjadi Fakultas terbaik se Jabar-Banten versis Kopertais.

Nah, tertarik untuk berkuliah di UIKA Bogor? Langsung aja berkunjung ke tempat nya di Jl. Sholeh Iskandar Km.2 Kota Bogor atau ke website resminya di https://uika-bogor.ac.id.

4. Universitas Djuanda (UNIDA)

Universitas Djuanda (Unida) yang terkenal dengan Kampus Bertauhid sudah berdiri sejak 21 Maret 1987. Kampus Unida terletak di Ciawi, Kabupaten Bogor dengan suasana yang sejuk dam nyaman karena berada di dataran tinggi.

Unida memiliki Program Sarjana (S1) dengan 7 Fakultas dan 16 Program Studi serta Program Magister (S2) Hukum, Administrasi Publik dan Teknologi Pangan.

Untuk Fakultas Program Sarjana yaitu, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Pangan Halal, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi Islam.

Jurusan Perikanan sudah terakreditasi A. Program Studi yang lainnya pun sudah banyak yang terakreditasi B. Sehingga Unida bisa jadi pilihan untuk kalian yang ingin kuliah di Kampus yang sejuk dan nyaman ini. Info lebih lanjut bisa kunjungi website nya di https://unida.ac.id .

5. Universitas Nusa Bangsa (UNB)

Universitas Nusa Bangsa (UNB) didirikan sejak 1987 oleh Yayasan Pengembangan Keterampilan dan Mutu Kehidupan (PKMK) Nusantara yang berkedudukan di Jakarta. Kampus UNB terletak di Jl. KH. Sholeh Iskandar Km.4 Cimanggu, Tanah Sareal, Kota Bogor.

Program Sarjana UNB terdiri dari Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA dan Fakultas Kehutanan. Untuk Program Pascasarjana terdiri dari Ilmu Ekonomi dengan jurusan Pengembangan Daerah, Ekonomi Sumber Daya dan Ekonomi Kehutanan.

Jika tertarik untuk masuk Universitas Nusa Bangsa bisa kunjungin wesite nya di www.unb.ac.id .

6. Universitas Terbuka Bogor

Universita Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang diresmikan oleh Presiden Soeharto berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 41 tahun 1984.

UT menyelenggarakan pendidikan tinggi secara terbuka dan jarak jauh, “Terbuka” artinya setiap orang yang lulus SMA/SMK/MA atau sederajat dapat menjadi Mahasiswa UT tanpa ada pembatasan tahun ijazah, usia, dan lamanya studi. Bahkan UT memiliki Mahasiswa tertua yaitu kelahiran 1939 yang masih kuliah di UT Bogor.

UT merupakan kampus yang satu-satunya menggunakan sistem kuliah online. UT Bogor merupakan salah satu Uint Pembelajaran Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) yang membawahi beberapa Kota/Kabupaten yaitu Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Depok, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor.

UT Bogor memiliki Program Sarjana dan Pascasarjana. Beberapa Fakultas untuk S1 yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Untuk Program Pacasarjana terdiri dari Magister Manajemen, Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen, Magister Pendidikan Matematika, Magister Manajemen Perikanan, Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen Pendidikan.

Tertarik untuk kuliah di UT Bogor dengan sistem Kuliah Online sehingga bisa kuliah sambil kerja ataupun kuliah di rumah. Bisa langsung daftar ke UT Bogor di Jl. KH. Sholeh Iskandar No.234 Tanah Sareal Bogor 16164 atau untuk info bisa liat website nya di www.ut.ac.id

7. IBI Kesatuan

Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kesatuan merupakan nama baru yang sebelumnya di kenal dengan STIE Kesatuan. Kampus yang berada di Kota Bogor ini memiliki Program Vokasional dan Program Studi Sarjana.

Beberapa fakultasnya yaitu, Fakultas Bisnis dan Fakultas Pariwisata dan Informatika bisa jadi pilihan. Untuk Program Vokasi terdiri dari Akuntansi, Perbankan dan Keuangan, dan Manajemen Pemasaran. Program Studi Akuntansi S1 dan D3 Keuangan dan Perbankan sudah terakreditasi A.

IBI Kesatuan termasuk kampus termuda karena diresmikan 29 Oktober 1994. Kampus IBI Kesatuan juga memiliki pembinaan karir untuk mahasiswa seperti Seminar Menghadapi Dunia Kerja dan Training/Pelatihan bagi Mahasiswa semester akhir.

Lokasi Kampus terletak di Jl. Ranggagading No.01, Bogor . Untuk info bisa kunjungi website di https://www.stiekesatuan.ac.id .

8. AMIK Bogor

Akademik Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Bogor awalnya di kenal dengan nama AMIK Bina Profesi pada 1999 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 009/D/0/1999, di bawah Binaan Yayasan Bina Profesi. Namun pada tahun 2004 dan tahun 2005 AMIK Bina Profesi resmi diubah menjadi AMIK Bogor.

AMIK Bogor memiliki Program Studi D3 Manajemen Informatika dengan bidang konsentrasi yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer Jaringan, dan Multimedia.

AMIK Bogor juga telah bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komputer dalam rangka program Sertifikasi Profesi, sehingga lulusan alumni AMIK Bogor sudah tersertifikasi oleh LSP Komputer yang terlisensi BNSP, sertifikasi ini merupakan salah satu modal untuk memperoleh pekerjaan dan peningkatan karir untuk Mahasiswa AMIK Bogor.

Tertarik Kuliah Informatika di AMIK Bogor? langsung kunjungi lokasinya di Jl. KH. Sholeh Iskandar No.3 Bogor atau website www.amikbogor.ac.id .

9. Institut Tazkia

Kampus Tazkia yang dulu bernama STIE Tazkian kini telah menjadi Institut Tazkia pada usia ke 18 tahun. Institut Tazkia terkenal dengan Kampus Ekonomi Syariah. Bahkan Tazkia pernah di anugerahkan award sebagai Centre of Excellent Kampus Ekonomi Syariah (Kemenag RI).

Institut Tazkia memiliki tiga fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Hukum/Syariah dan Fakultas Pendidikan/Tarbiyah, dan satu sekolah Pascasarjana dengan program studi Ekonomi Syariah.

Adapun Pprogram studi S1 terdiri dari Ekonomi Syariah, Hukum Syariah, Manajemen Syariah, Akutansi Syariah, Pendidikan Ekonomi Syariah, serta D3 dengan program studi Mikro Keuangan Syariah.

Tertarik kuliah Ekonomi Syariah? Langsung aja daftar ke kampus TAZKIA di Jl. Ir.H. Djuanda No.78, Sentul City, Bogor dan bisa cari infonya di www.tazkia.ac.id .

10. Universitas Bina Sarana Informatika (UNSB) Bogor

Kuliah? BSI aja !! adalah tagline yang di usung oleh BSI untuk menarik para calon mahasiswa untuk kuliah di kampusnya. BSI kini telah berubah menjadi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Universitas BSI sudah terakreditas B dan memiliki 4 fakultas yaitu Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik dan Fakultas Komunikasi dan Bahasa.

Tertarik untuk kuliah di Kampus BSI langsung daftar aja ke Jl. Cilebut Raya Pesona Intiland, Kotamadya, Bogor atau untuk cari infonya bisa kunjungi www.bsi.ac.id .

11. Politeknik AKA Bogor

Politeknik AKA Bogor merupakan Perguruan Tinggi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan vokasi Diploma III dibidang Analisis Kimia, Pengolahan Limbah Industri dan Penjaminan Mutu Industri Pangan.

Politeknik AKA Bogor didirikan sebagai Akademi Kimia Analisis (AKA) Bogor pada 1959 oleh Departemen Perindustrian Rakyat, yang kala itu menyelenggarakan program Sarjana Muda dengan tujuan untuk menyediakan tenaga analisi tingkat akademi yang diperlukan oleh Balai Penelitian Kimia (Sekarang Balai Besar Industri Agro (BBIA)) Bogor.

Namun sejak 1981, berdasarkan keputusan bersama Menteri Perindustrian dengan Mentri Pendidikan dan Budaya, AKA dinyatakan sebagai lembaga pendidikan profesional Diploma III.

Lulusan yag dihasilkan Politeknik AKA Bogor memiliki kompetensi dibidang Analisis Kimia, berwawasana lingkungan, memiliki kemampuan menguasai komputer dan mampu berbahasa Inggris dengan baik, serta dibekali kemampuan berwirausaha. Nah, kalian tertarik kuliah di Politeknik AKA Bogor langsung aja ke Jl. Pangeran Sogiri No. 283 Tanah Baru Utara 16154 Jawa Barat atau kunjungi websitenya www.aka.ac.id

12. STIE Binaniaga

Kampus yang didirikan oleh Yayasan Binaniaga pada 2 November 1992 ini terletak di Jl. Raya Padjajaran No. 100, Bogor, Jawa Barat 16153. Memiliki dua Program Studi yaitu Program Diploma III Akuntansi dan Program Sarjana S1 Manajemen.

STIE Binaniaga merupakan 5 Kampus terbaik di Bogor (Dikti) serta sudah terakreditasi baik oleh BAN-PT. Kampus ini pun memiliki kelas Karyawan dan Ekstensi (sore), sehingga bagi mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja cocok untuk menjadi pilihan kuliah di STIE Binaniaga. Untuk info lengkapnya bisa cek di www.sitebinaniaga.ac.id

(Amalia Hening/Zhofirah)

Baca Juga