25 radar bogor

Perbaikan Jembatan Otista Tunggu Anggaran

Suasana lalu lintas di jembatan Otista. Nelvi/Radar Bogor
Suasana lalu lintas di jembatan Otista. Nelvi/Radar Bogor
Jalan Otista
Suasana lalu lintas di Jalan Otista.

BOGOR–RADAR BOGOR,Pemkot Bogor terus mengajukan bantuan untuk perbaikan tiga jembatan rawan ambruk. Ketiga jembatan dengan konstruksi lama yakni Jembatan Otista, Jalak Harupat atau Sempur, dan Satu Duit.

’’Memang harus diperbaiki segera,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya kepada Radar Bogor. Saat ini, kata dia, untuk perbaikan jembatan tersebut masih menunggu anggaran bantuan pemerintah provinsi hingga pusat.

Kemungkinan pada 2020, Jembatan Situ Duit akan dibuatkan dulu detail engineering design (DED). Sehingga di tahun berikutnya bisa dilakukan pembangunan.

Termasuk perbaikan Jembatan Sempur, yang ada di Jalan Jalak Harupat.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, pembangunan jembatan memang mem­butuhkan biaya yang besar. Karena itu perlu koordinasi dengan Balai Besar Jalan Nasional untuk mencari solusi jangka pendeknya. ”Kalau untuk perbaikan yang sifatnya minor bisa PUPR sendiri, tapi untuk yang besar perlu koordinasi,” tuturnya.

Dedie mengaku, baru mulai melakukan koordinasi atas kondisi jembatan tersebut.

Sementara ini, dia meminta Dinas PUPR Kota Bogor mengambil tindakan antisipasi agar kondisi fondasi tidak semakin parah. ”Kita baru mulai koordinasi dengan Balai. Untuk penanganan perbaikan minor dari swakelola Dinas PUPR,” pungkasnya.(ded/c)