Beranda Politik

Bantu Korban Banjir Banten, PKS Kumpulkan Gaji Legislatornya di DPR

JAKARTA-RADAR BOGOR, Banten menjadi salah satu provinsi yang terdampak bencana banjir. Dari total enam kecamatan, di Kabupaten Lebak, terdapat 30 desa turut terdampak. Akibat bencana yang terjadi pada Rabu (1/1) itu, sedikitnya 10 korban meninggal dan 1 orang dinyatakan hilang.

Situasi ini pun memantik kepedulian Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini. Politikus asal Banten itu bergerak mengunjungi korban banjir Lebak, Banten, Rabu (8/1). Ia menyerahkan bantuan yang berasal dari gaji anggota DPR dari Fraksi PKS yang diterima Bulan Januari 2020.

“Hari ini kami datang mengunjungi korban banjir Lebak untuk menyerahkan bantuan yang diperlukan,” kata Jazuli didampingi Ketua DPW PKS Banten  Sanuji Pentamarta, jajaran pengurus dan tim Posko Bantuan PKS Lebak, Rabu (8/1).

Selain ikut menyerahkan bantuan, kedatangan Jazuli juga sekaligus untuk melihat penanganan korban serta hal-hal yang harus dilakukan supaya banjir tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

“Kita tahu wilayah Lebak kerap terjadi banjir dari tahun ke tahun, karena itu butuh penanganan serius,” ujar anggota Komisi I DPR dari dapil Banten II meliputi Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon, itu.

Jazuli juga menyatakan, solusi banjir Lebak antara lain pemerintah segera menuntaskan pembangunan Waduk Karian. Menurut dia, pembangunan waduk ini merupakan program pemerintah pusat, tetapi masih terkendala pembebasan lahan.

“Saya menyimak pemaparan pemda dan relawan setempat, ada progam pembangunan Waduk Karian sebagai solusi jangka panjang banjir di Lebak, tetapi sayangnya terkendala pembebasan lahan yang belum dibayar tuntas,” ungkapnya.

Menurut Jazuli, banjir Lebak butuh penanganan serius dari pemerintah mengingat dampak terparah yang terjadi dibandingkan wilayah lain. Banyak tempat-tempat terisolir yang aksesnya belum atau tidak terjangkau.

Dalam catatan Posko PKS, kata Jazuli, masyarakat terdampak sebanyak 13.854 jiwa. Sebanyak 6.287 orang mengungsi. Korban meninggal dunia 10 orang. Sebanyak empat orang masih hilang, 1310 rumah rusak berat. Ratusan rumah rusak sedang dan ringan.

Saat ini PKS telah mendirikan tiga Posko di Lebak yaitu di Somang (Sajira), Marak (Curugbitung), dan Muhara (Lebakgedong). PKS telah menyalurkan bantuan berupa ratusan karung dan karton makanan, air bersih, pakaian bayi, pakaian layak, obat-obatan, dan lainnya.(JWP)

Baca Juga