Beranda Pendidikan

Sebanyak 1.500 Siswa SMA Ikuti Tryout Masuk Kampus IPB University

BOGOR-RADAR BOGOR,Segala persiapan dikerahkan oleh siswa SMA menjelang penerimaan mahasiswa baru di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Belajar dan mengikuti berbagai try out pun dilakukan. Untuk itu Masuk Kampus IPB University menggelar try out SBMPTN yang diadakan pada hari Sabtu (4/1) di Grha Widya Wisuda, Kampus Dramaga, Bogor dan dihadiri 1.500 peserta.

Dr drh M Fakhruddin, Kepala Bagian Promosi, Biro Komunikasi IPB University dalam sambutannya mengatakan bahwa IPB University merupakan perguruan tinggi yang masuk ke dalam tiga besar universitas terbaik Indonesia. Selain menjadi kampus paling inovatif di tanah air, IPB University menjadi satu-satunya perguruan tinggi negeri pertanian yang masuk ke dalam universitas terbaik skala global.

Ada tiga jalur masuk di IPB University yaitu SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri. Sebagai bagian dari jalur Mandiri, untuk mencari bibit pemimpin negeri, IPB University juga membuka jalur seleksi Ketua OSIS. Yang terbaru, jelas Dr Fakhruddin, ada Jalur Prestasi Pramuka tapi masih terbatas untuk Kwarda Jawa Barat. IPB University juga membuka kelas internasional untuk program studi kedokteran hewan, program studi ilmu dan teknologi pangan, serta program studi teknik industri pertanian.

“Siswa harus bisa menyusun strategi dalam memilih program studi di IPB University, karena ada beberapa progran studi yang memiliki banyak sekali peminat. IPB University memiliki sembilan fakultas dan dua sekolah yang semuanya telah mencetak prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Belajar saja rasanya tidak cukup untuk mengantarkan ke perguruan tinggi impian, mengingat ratusan ribu siswa SMA di Indonesia juga belajar sama kerasnya. Untuk itu diperlukan strategi,” ujarnya.

Selain belajar dan latihan, sepertinya motivasi berperan sebagai pelepas penat mengejar PTN impian. Sesi motivasi diberikan oleh Indra Sugiarto, alumni IPB University yang telah sukses mendirikan bimbel Katalis dan platform kesukaan murid SMA, Masuk Kampus. Indra mengatakan bahwa kunci untuk mengejar perguruan tinggi impian adalah mental, akademik, dan prioritas. Mental yang kuat dalam menghadapi tekanan dari lingkungan, mental yang kuat untuk terus percaya diri menghadapi naik turunnya semangat belajar.

Di penghujung acara, Indra berpesan untuk tidak pernah menyerah sebesar apapun masalah yang dihadapi. Karena Masa depan bisa sangat berubah drastis tergantung pada keputusan yang dibuat tahun ini. (ASK/Zul)

Baca Juga