25 radar bogor

Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK, Begini Reaksi PKB

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekitar pukul 09.12 WIB, Rabu (8/1) (Istimewa)

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekitar pukul 09.12 WIB, Rabu (8/1) (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi senyak dengan melakukan OTT terhadap‎ Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Saiful Ilah. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) langsung buka suara soal OTT tersebut.

Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid mengatakan menghormati kasus yang saat ini ditangani oleh KPK. Sehingga, tidak akan mengintervensi kasus yang menjerat kadernya tersebut. “Ini proses hukum. Jadi kita tunggu keterangan resmi KPK. Baru nanti PKB akan menjelaskan semuanya,” ujar Hasanuddin di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1).

Terpisah kepada JawaPos.com, Ketua DPP PKB Ahmad Iman mengaku kaget saat Saiful Ilah terkena OTT oleh lembaga antirasuah. “Kami kaget dan prihatin mendengar kabar itu. Prinsipnya PKB menghormati proses hukum yang dilakukan KPK,” katanya.

Mengenai sanksi nantinya akan ada pembahasan lebih lanjut di internal partai yang dikepalai oleh Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tersebut. “Jadi soal sanksi nanti akan dibahas dan diputusakan,” ungkapnya.

Sebelumnya, tim penindakan KPK melakukan OTT di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah turut terjaring dalam operasi senyap tersebut.

Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan, operasi kedap itu dilakukan terkait dugaan kasus pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Sidoarjo. Bahkan, belasan orang turut diperiksa di Mapolda Jatim pada Selasa (7/1) malam.

“Terkait pengadaan barang dan jasa. Belasan orang telah dimintai keterangan di Mapolda Jatim,” kata Filri saat dikonfirmasi, Rabu (8/1).

KPK mempunyai waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum Bupati Sidoarjo serta pihak lainnya yang turut diamankan. KPK berencana menggelar konpers terkait OTT di Sidoarjo tersebut sore ini.‎(Gunawan Wibisono).(Jwp)