25 radar bogor

Juni 2020 Rabobank Resmi Ditutup, Nasabah Diminta Tarik Dana Sebelum Tanggal Ini

ilustrasi bank Rabobank
ilustrasi bank Rabobank

JAKARTA-RADAR BOGOR,PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) berencana mengakuisisi bank asal Belanda yakni Rabobank Indonesia dengan nilai transaksi yang diperkirakan tembus Rp397 miliar.

Dikatakan Sekretaris Perusahaan BCA Raymon Yonarto, rencana akuisisi itu dilakukan lewat anak usaha, BCA Finance. Pihak-pihak yang terkait telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat, pada Rabu (11/12/2019).

Rabobank International Indonesia meminta nasabah untuk melakukan penarikan dana milik mereka sebelum 14 Februari 2020.

Namun, jika hingga 16 Maret 2020 tak kunjung melakukan penarikan dana, maka akan dikenakan biaya administrasi maksimal Rp 200.000.

Hal tersebut disampaikan manajemen menyusul proses penutupan cabang perusahaan secara bertahap hingga Juni 2020 setelah beroperasi selama 30 tahun di Indonesia atau sejak tahun 1990.

Dalam pengumuman di media, manajemen Rabobank Indonesia menyatakan, sehubungan dengan keputusan Rabobank Group untuk menghentikan aktivitas perbankan mereka melalui Rabobank Indonesia, perseroan telah dan akan terus melakukan penutupan kantor-kantor cabang dan penghentian produk atau jasa perbankan lainnnya.

“Atas hal itu, melalui pengumuman ini, kami meminta Bapak/Ibu nasabah pemilik rekening simpanan di Rabobank Indonesia untuk segera melakukan penarikan dana dan penutupan rekening yang masih ada saat ini selambat-lambatnya 30 hari kerja terhitung sejak tanggal pengumuman ini, atau selambatnya tanggal 14 Februari 2020,” tulis pengumuman tersebut.

Jika para nasabah belum melakukan penarikan dana atau penutupan rekening hingga tenggat itu, manajemen Rabobank Indonesia menegaskan akan memindahkan dana yang ada pada rekening simpanan nasabah ke rekening penampung.

 

Jika setiap rekening penampungan yang pemilik dananya tidak juga melakukan penarikan dana hingga tanggal 16 Maret 2020, perseroan akan mengenakan satu kali biaya administrasi maksimal Rp 200.000.

Penutupan bertahap ini adalah bagian dari rencana Rabobank Indonesia untuk berhenti beroperasi di Tanah Air. Hingga saat ini Presiden Direktur Rabobank Indonesia Jos Luhukay belum memberikan informasi tambahan terkait dengan bank mitra yang akan menerima peralihan nasabah. (cnbc/ysp)