25 radar bogor

Dikembalikan ke Karoseri, Bus Uncal Batal Berkeliling Awal Tahun

Bus Uncal
Bus Uncal milik Kota Bogor.
Bus-Uncal
Bus Uncal milik Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Rencana Pemkot Bogor untuk mengoperasikan bus Unforgettable City Tour at Loveable (Uncal) tambahan, mengelilingi Kota Bogor di awal Januari 2020 gagal.

Hal itu lantaran dua unit bus wisata khas Kota Bogor yang terparkir di halaman Kantor Dishub Kota Bogor tersebut, harus dikembalikan ke karoserinya.

“Secara resmi belum (beroperasi,red), masih uji coba,” ujar Kepala UPTD Terminal dan Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Iwan Kurniawan kepada Radar Bogor saat dihubungi via selulernya, Senin (7/1/2020).

Menurutnya, Dishub saat ini menunggu jadwal karoseri untuk melengkapi spare part bus berwarna orange dan kuning itu yang belum terpasang. “Ada beberapa part yang belum terpasang,” ujar dia.

Selain dua unit bus yang berasal dari APBD Kota Bogor, lanjut Agus, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat juga mengalokasikan bantuan satu unit bus dengan jenis yang sama. Namun, sampai saat ini, bus tersebut belum didatangkan ke Dishub Kota Bogor.

Dengan begitu, total bus Uncal yang dimiliki Pemkot Bogor berjumlah empat unit. “Sebetulnya permohonan kita kepada pemprov dua unit, tapi hanya satu yang diterima. Jadi, nanti total Uncal kita ada empat unit,” ungkap dia.

Sedangkan untuk persiapan teknis sebenarnya telah siap, baik dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang terbit, rute perjalanan hingga hari beroperasinya bus.

Selain itu, menurut Iwan, sapaanya, ada kemungkinan pertambahan rute perjalanan.

Sebab, saat ini, rute yang dilalui Uncal mulai dari Balaikota, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pemuda, Taman Heulang, Jalan Ahmad Yani, kembali ke Jalan Sudirman, Jalan Jalak Harupat, Jalan Padjajaran (tansfer point Tugu Kujang), Jalan Otista, Jalan Juanda dan berakhir di Balaikota.

“Untuk jam operasional bus Uncal bisa diakses setiap akhir pekan mulai dari Jumat, Sabtu hingga Minggu,” ucapnya. (ded/c)