25 radar bogor

Pengungsi Longsor di Nanggung Mulai Derita Berbagai Penyakit

Pengungsi Longsor di Nanggung
Tim medis Polres Bogor memberikan pelayanan kesehatan kepada para pengungsi di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Senin (6/1/2020).
Pengungsi Longsor di Nanggung
Tim medis Polres Bogor memberikan pelayanan kesehatan kepada para pengungsi di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Senin (6/1/2020). Humas Polres Bogor

NANGGUNG-RADAR BOGOR, Berbagai penyakit mulai diderita para pengungsi korban longsor di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Seperti ditemui tim kesehatan Polres Bogor di posko pengungsian lapangan sepakbola Kampung Siranggap, Desa Nanggung, Senin (06/01/2020).

Tim medis Polres Bogor yang diketuai Dr. Elynda Vidiyana Ekawati, MARS menghampirinya dan mulai melakukan pemeriksaan kepada para pengungsi.

“Kali ini kami melakukan kontrol dan pengobatan gratis di Kecamatan Nanggung, setelah kemarin di Gunungputri, Sukajaya dan Cigudeg,” tutur Dr. Elyn lewat keterangan tertulis yang disampaikan Humas Polres Bogor, Senin (6/1/2020).

Dia mengatakan, masih banyak penyakit-penyakit yang diidap para pengungsi korban longsor dan banjir akibat kurangnya asupan nutrisi, lingkungan kurang bersih dan faktor cuaca.

“Penyakit terbanyak Pharyngitis Acute, Bronchitis Acute, Broncho Pneumonia, Obs Febris, Typhoid Fever, Gastritis, Hipertensi, Gastro Enteritis Acute, Dermatitis, Urticaria, Cephalgia, Myalgia, Osteo Arthritis, Ascariasis dan Scabies,” terangnya.

Sementara itu Kapolres Bogor AKBP M. Joni mengatakan, sejumlah obat-obatan telah dipersiapkan tim medis dan memberikannya secara gratis kepada para pengungsi.
“Tentunya kami berikan pelayanan kemanusiaan yang terbaik dan optimal kepada para pengungsi,” ujarnya.

Dari data yang masuk, sambungnya, diketahui bahwa terdapat 42 titik longsor di tujuh desa di Kecamatan Nanggung. Ada Posko Terpadu dalam penyaluran logistik bencana di Polsek Nanggung agar tepat sasaran dan efisien.(pin/*)