25 radar bogor

Tim Gabungan Masih Cari Tiga Korban Banjir di Sukajaya

Tim gabungan masih melakukan pencarian tiga korban banjir di Kampung Sinar Harapan, Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Jumat (3/1/2020).
Tim gabungan masih melakukan pencarian tiga korban banjir di Kampung Sinar Harapan, Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Jumat (3/1/2020). Jainal/Radar Bogor

SUKAJAYA-RADAR BOGOR, Hari ketiga pasca bencana alam, tim gabungan Brimob Polda Jabar melakukan pencarian para korban menggunakan K-9 dibantu Basarnas dan relawan di Kampung Sinar Harapan, Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Jumat (3/1/2020).

“Hari ini kita melakukan pencarian tiga orang yang masih tertimbun puing-puing banjir di kampung Sinar Harapan. Sejak pagi sudah dilakukan tahapan awal menggunakan manual dibanti Tim SAR, TNI, Polri dan Basarnas termasuk relawan,” kata Komandan Satuan Brimob Polda Jabar, Kombes pol Asep Saepudin kepada wartawan ketika melakukan pencarian di lokasi kejadian.

Selain itu, pihaknya mencoba menggunakan pencarian dengan K9. Karena, lokasi masih berlumpur. Teknik menggunakan air supaya mendorong agar terlihat korban yang terkena longsoran. “Kesulitan kita, yakni lumpur masih basah dan sangat dalam. Bahkan pergerakan tanah masih labil, sehingga pencarian harus berhati-hati,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, untuk sementara pencarian hentikan karena kondisi cuaca hujan deras dan anggota dibalikan dulu ke Posko. “Kita ingin secepatnya ditemukan tiga korban. Namun, faktor cuaca mengganggu dan sekarang hujan,” tuturnya

Asep mengungkapkan, kondisi yang masih labil membuat warga diungsikan semua karena ada lempengan tanah yang sudah retak. “Makanya kita pasang police line dulu agar tak ada warga di wilayah pemukiman,” pungkasnya.(nal)