25 radar bogor

Lapas Cibinong Pakai Shower Lebih Efisien

Plt Kalapas Kelas II-A Cibinong, Sapto Winarno (tengah).
Plt Kalapas Kelas II-A Cibinong, Sapto Winarno (tengah).

CIBINONG—RADAR BOGOR, Plt Kalapas Kelas II-A Cibinong, Sapto Winarno menegaskan bahwa penggunaan shower di kamar mandi lebih efisien. Bahkan dirinya mengusulkan agar seluruh kamar mandi di Lapas Cibinong menggunakan shower.

‘’Bila kita bandingkan penggunakan air dengan pakai shower dan pengunaan air dengan gayung di bak kamar mandi, ternyata lebih efisien menggunakan shower,’’ kata Sapto.

Menurut dia, kamar mandi di Lapas Cibinong belum menggunakan shower. Makanya dia heran saat mengetahui kabar dari hasil sidak ombusmand bahwa di semua kamar mandi di Lapas menggunakan shower.

Dia juga membantah ada perlakuan khusus bagi napi korupsi dengan menyediakan kamar khusus dan kamar mandi khusus yang dilengkapi shower. ‘’Tidak ada itu, kami tidak memberlakukan khusus pada salah satu napi,’’ tegas Sapto.

Begitu juga soal lapangan tenis di areal Lapas Cibinong, Sapto membenarkan keberadaan lapangan tenis tersebut. Namun, lapangan tenis ini bukan untuk para napi, melainkan khusus untuk pegawai Lapas dan instansi terkait yang bermain tenis di Lapas Cibinong.

Sekadar diketahui, ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas Klas II A, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (28/12). Dalam sidak yang dipimpin Komisioner Ombudsman, Adrianus Meliala ini, tercatat sejumlah temuan yang menjadi sorotan. Salah satunya adalah keberadaan fasilitas shower di kamar mandi dalam sel narapidana kasus korupsi.

Adrianus sempat meminta untuk dibukakan dua sel lain di blok tersebut. Saat dibuka, di salah satu sel terlihat ada satu tempat tidur, satu lemari, satu rak barang dan kamar tampak dilapisi wallpaper. Selain itu, kamar di dalam kamar juga ada satu kamar mandi pribadi yang dilengkapi dengan shower. (unt)