25 radar bogor

IPB University Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah

BOGOR-RADAR BOGOR,Untuk menyukseskan program Green Campus, IPB University mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah bagi seluruh unit kerja yang ada di lingkungan IPB University. Bertempat di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor (19/12) acara ini dibuka oleh Dr Aceng Hidayat, Sekretaris Institut IPB University.

Dr Aceng Hidayat menyatakan bahwa pertemuan ini untuk menyampaikan kebijakan IPB University tentang pemilahan sampah yang dilakukan oleh masing-masing unit kerja. “Titik yang paling kritis adalah memastikan unit kerja sudah memilah sampah dan menampungnya dalam bak-bak kecil. Kami sudah menyiapkan sarana penampungan, pengangkutan dan pengolahannya serta memastikan sampah akan sampai ke Cikabayan dalam keadaan terpilah juga,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, hadir pula Bambang Kuntadi, SP, MM, Direktur Umum, Sarana dan Prasarana IPB University memberikan materi tentang Pengelolaan Sampah. Menurutnya, fokus IPB University pada tahun 2020 ada tiga kegiatan. Yaitu pengurangan timbulan sampah (reduce), pemanfaatan kembali sampah (reuse), dan pengolahan sampah menjadi produk lain (recycle). Skema pemilahan sampah yang akan diolah meliputi sampah organik, sampah plastik, sampah kertas dan sampah B3.

“Titik kritis pengelolaan sampah meliputi pemilahan di tingkat penghasil dan pengangkutan ke tempat penampungan sementara (TPS). Setelah itu, pengangkutan dari TPS (container dan bak sampah tebuka) ke Cikabayan dan dilanjutkan pengolahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikabayan. Proses pengolahan sampah di TPA Cikabayan meliputi composting, biodigestering dan incenerating,” ucapnya. (dimas/Zul)