25 radar bogor

Gebyar Mandapa MAN 2 Kota Bogor, 41 Sekolah Bersaing jadi yang Terbaik

Gebyar-Mandapa
Penampilan salah satu peserta Gebyar Mandapa di MAN 2 Kota Bogor.
Gebyar-Mandapa
Penampilan salah satu peserta Gebyar Mandapa di MAN 2 Kota Bogor 21-24 Desember 2019..

BOGOR – RADAR BOGOR, Sebanyak 41 sekolah dari tingkat SMP dan SMA se-Jabodetabek, Sukabumi dan Cianjur, bersaing dalam perlombaan Pasukan Khusus (Pasus) yang diselenggarakan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bogor, 21-24 Desember 2019.

Kegiatan Extention ketujuh ini melebur dalam satu tema utama kegiatan yang bernama Gebyar Mandapa (MAN 2 Padjajaran).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Yayat Supriatna mengatakan, Gebyar Mandapa baru dilaksanakan secara utuh tahun ini.

Sebelumnya, ditiap ekstrakuliker di MAN 2 Kota Bogor memiliki program tersendiri yang dilaksanakan secara terpisah usai melewati masa ujian akhir semester.

“Untuk Pasus sendiri diikuti oleh 49 Sekolah, di tingkat SMP 31 dan SMA 18 dari Jabodetabek, Cianjur dan Sukabumi,” ujar Yayat kepada Radar Bogor, Selasa (24/12/2019).

Gebyar Mandapa diawali dengan Kompetisi Pramuka (Kompra) yang diikuti sebanyak 3500 peserta mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat yang berada di wilayah Jawa Barat plus Cilegon dan Bekasi.

Kompra tersebut memperebutkan Piala Kapolresta Bogor, Piala Kajari, Piala Ka Kwarda Jawa barat dan Piala Man 2 Padjajaran.

Lalu dilanjut dengan lomba Cakap (Cipta Karya Palamarta) atau PMR pada Senin (23/12/2019) yang kegiatannya dilaksanakan di wilayah satu dan dua dalam memperebutkan Piala Man 2 Padjajaran Kota Bogor.

“Extention 2019 sendiri dilaksanakan dihari terakhir pada Sabtu 24 Desember berbarengan dengan Workshop KIR,” jelasnya.

Karya Ilmiah Remaja atau KIR Man 2 Padjajaran dalam Gebyar Mandapa menggelar Workshop yang berisi kegiatan pelatihan pembuatan sabun menggunakan bahan dasar lidah buaya, yang dilaksanakan oleh setiap ekstrakulikuler sebagai bagian dari program kerja di tahun 2019 ini.

Ketua Panitia Extention 2019 Aisyah Yaafiah mengatakan, Extention ini menghadirkan juri yang berasal dari TNI AD dan TNI AU di Kota Bogor dan Purna Paskibraka Indonesia. Piala yang diperebutkan yaitu sebanyak 38 Piala MAN 2 Padjajaran dengan berbagai kategori Juara.

“Peserta memperebutkan Juara Umum, Harapan dan kategori seperti Komandan Terbaik, Kategori Varias I Formasi terbaik dan Juara Kostum Terbaik serta lainnya ditambah uang pembinaan,” ujarnya.

Yayat menambahkan, kegiatan ini sebagai wadah berkreativitas bagi para peserta didik khususnya di MAN 2 Padjajaran untuk melatih keterampilan di dalam berorganisasi.

Selain itu juga sebagai melatih skill dalam mempersiapkan suatu kegiatan dengan baik dan melatih kerjasama Tim sehingga memiliki jiwa kesatuan, gotong royong dan kewirausahaan.

“Memiliki nilai-nilai kehidupan di masa yang akan datang. Sekaligus untuk mengeliminer prilaku menyimpang pelajar yang masih marak terjadi seperti tawuran narkoba dan tindakan negatif lainnya,” pungkasnya. (cr2)